Dunia Islam

Berikut Tiga Keajaiban Makan Sahur

EDUNEWS.ID – Waktu santap sahur yang terlalu pagi barangkali menjadi sesuatu yang berat untuk bisa menikmati makanan. Padahal di balik sahur ada keutamaan yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa keajaiban tentang sahur ini bisa membuat kita semangat. Seperti yang kita ketahui, sahur, berbuka, dan tidur selama bulan Ramadhan adalah ibadah. Jika tidak sahur, maka kita akan kehilangan satu kesempatan untuk mendapatkan pahala.

Dalam detik Kultum (01/05/2020), Ustaz Hanan Attaki memaparkan beberapa keajaiban yang bisa kita dapatkan ketika sahur. Apa saja?

1. Mendapatkan Keberkahan

Ustaz Hanan Attaki menyampaikan salah satu keajaiban sahur berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW adalah ketika kita sahur, kita akan mendapat keberkahan. “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR Bukhari-Muslim).

Baca juga :  DPW Wahdah Islamiyah Menggelar Tarbiyah Gabungan di Bantaeng

2. Didoakan Malaikat

Rasulullah SAW bersabda:

“Sahur adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun hanya dengan minum seteguk air. Sesungguhnya, Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR. Bukhari).

“Rugi banget kan ya kalau kita nggak sahur. Padahal gampang banget cuma minum segelas air. Apalagi kalau kita sahur, makan secukupnya sehingga bukan hanya dapat doa dari Allah dan malaikat tetapi juga kehidupan seharian itu akan jadi kehidupan yang penuh berkah,” jelas pendiri gerakan Pemuda Hijrah itu.

Advertisement

3. Meminta Ampun kepada Allah SWT

Bedanya puasa umat muslim dan puasa ahlul kitab adalah makan sahur. Dan di antara makan sahur (https://www.detik.com/tag/sahur) , Allah Swt menerima taubat dan mengampuni doa-doa hambanya.

Allah SWT berfirman:

وَبِٱلْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya: “Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.” (QS: Az-Zariyat ayat 18).

“Jadi salah satu di antara sunnah nabi di waktu sahur adalah meminta ampun. Jadi pas kita bangun jangan mepet dengan adzan subuh. Karena kalau kita bangunnya mepet dengan adzan subuh kita nggak sempat ngapa-ngapain, lebih baik minimal setengah jam sebelum adzan subuh. Kalau lebih bagus lagi satu jam atau satu jam setengah sehingga kita masih bisa sempat sholat witir, berdoa dan yang paling penting menjelang sahur kita minta ampun kepada Allah SWT,” ujar  Hanan Attaki.

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com