Dunia Islam

Kemenag Gelar Halaqah Ulama se-ASEAN

MENTERI AGAMA LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN SAAT MEMBERIKAN SAMBUTAM DI HALAQAH ULAMA SE-ASEAN

BOGOR, EDUNEWS.ID – Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menyelenggarakan Halaqah Ulama ASEAN 2016 di Hotel Salak The Herritage Bogor. Halaqah yang akan berlangsung dari 13 -15 Desember 2016 ini mengambil tema “Mengembangkan Islam Moderat Melalui Jaringan Pesantren”.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 orang peserta yang berasal dari utusan pesantren di beberapa negara ASEAN, ulama, akademisi perguruan tinggi keagamaan, DPR, perwakilan mahasiswa asing di Indonesia, serta tokoh masyarakat yang terkait dengan Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, topik halaqah berfokus kepada beragam permasalahan umat, seperti pesantren sebagai pusat peradaban Islam Indonesia, penyatuan awal bulan, perluasan Mina (Masa), dan Pengentasan Kemiskinan. Selain itu, halaqah ini juga akan membahas evaluasi kebijakan pendidikan pesantren, penguatan pengajaran kitab kuning di pesantren, serta pesantren sebagai pusat studi Islam internasional

Baca juga :  Ramadhan, Masjid Almarkaz Makassar Persembahkan Serial Diskusi Ramadhan

“Pelaksanaan halaqah tahun 2016 merupakan kelanjutan dari hasil halaqah tahun 2015 yang merekomendasikan untuk memotret pengalaman-pengalaman pesantren di ASEAN,” ujar Lukman di Bogor, kemarin (13/12/2016).

Melalui kegiatan in Lukman berharap jaringan pondok pesantren di ASEAN tetap terjaga dan dapat memberikan konstribusi nyata terhadap penyelesaian permasalahan yang dihadapi pemerintah dan negara-negara ASEAN di bidang pembanguan agama dan pendidikan Islam, khususnya pendidikan Pesantren.

Kegiatan rutin yang telah diselenggarakan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama sejak tahun 2010 ini menghadirkan Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla sebagai pembicara kunci (key note speaker).

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!