Dunia Islam

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Puasa 5 Juni

JAKARTA, EduNews.id– Penentuan awal puasa 1 Ramadan 1437 H di Indonesia diperkirakan akan dilaksanakan serentak.

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Ramadlan 1437 H/2016 M.

“Sidang isbat awal Ramadan tahun ini akan dilaksanakan pada Ahad, 5 Juni 2016 M di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Jalan MH Thamrin,” kata Pgs. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Amin, saat memimpin rapat pemantapan persiapan sidang isbat awal Ramadan, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Menurutnya, sidang isbat tersebut akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, serta para duta besar Negara sahabat.

Proses sidang akan dimulai pada pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan posisi hilal menjelang awal Ramadlan 1437 H oleh tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama

Baca,   Penjelasan Al-Qur'an tentang Bulan Terbelah

Menurutnya, Kemenag dalam penetapan awal Ramadan menunggu hasil rukyatul hilal yang dilaksanakan oleh Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain setempat.

“Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan 1437H akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat awal Ramadlan untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1437 H,”  katanya.

Amin menegaskan kalau proses sidang isbath berlangsung tertutup.
“Sidangnya tertutup, sebagaimana isbath tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” terang dia.

[TeropongSenayan]

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!