Dunia Islam

Pemerintah Diminta Berpihak pada Pendidikan Pesantren

Gambar Ilustrasi Pesantren

JAKARTA, EDUNEWS.ID — Pemerintah harus lebih memperhatikan kondisi pendidikan berbasis pesantren. Sebab pesantren  memiliki peran signifikan dalam menjaga nilai-nilai akhlak bangsa.

Wakil Ketua Umum Persatuan Islam (Persis) Jeje Zaenudin mengungkapkan misalnya Persis sudah cukup memberikan kontribusi dalam menjaga nilai-nilai akhlak bangsa. Sebab selain konsen dalam pengembangan dakwah, Persis, kata dia, juga turut andil dalam hal pendidikan.

“Peran Persis salah satunya di jalur pendidikan dengan mengadakan layanan pendidikan dan pesantren. Ini sangat membantu pemerintah dalam menjaga nilai-nilai akhlak bangsa,” ungkap Jeje dalam kegiatan Pra-Muskernas Persis, seperti dikutip laman Persis, Sabtu (7/1/2017).

Dalam hal penyelenggaraan pendidikan, khususnya pendidikan Islam berbasis pesantren, menurut Jeje, pemerintah cukup terbantu. Sebab dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis pesantren, seluruh kebutuhannya disediakan dan dikelola secara swadaya.

Baca juga :  Kelola Rp 20,6 triliun, ini Kata Dirut LPDP

“Mari perhatikan, pesantren itu tanahnya wakaf warga, bahkan rotibahnya pun dikelola secara swadaya. Berbanding terbalik dengan sekolah negeri, yang pembiayaan seluruhnya ditanggung pemerintah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Jeje berpendapat, pemerintah harus lebih memperhatikan kondisi pendidikan pesantren. Misalnya, dengan mengalokasikan dana pendidikan yang lebih untuk pesantren.

“Pemerintah juga harus mampu membuat kebijakan yang berpihak terhadap pendidikan pesantren,” tuturnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com