Dunia Islam

Penjelasan Al-Qur’an Tentang Matahari akan Padam

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pernahkan Anda membayangkan bila suatu saat matahari akan padam. Pada waktunya, proses kimia yang terjadi di permukaan matahari akan berhenti. Hal tersebut akan membuat matahari menjadi padam.

Dalam buku ‘Al-Qur’an vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’, beberapa ayat Al-Qur’an juga telah menyebutkan bahwa matahari akan berhanti memancarkan sinarnya pada waktu yang telah ditetapkan Allah SWT.

dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui,” Surah Yaasin Ayat 38.

Pada ayat di atas, kata yang digunakan adalah ‘mustaqarr’ yang berarti tempat atau waktu. Kata itu menandakan matahari berjalan menuju waktu yang telah ditentukan, dan akan beroperasi hingga waktu tertentu.

Baca juga :  Fakta Seputar Hilal

Waktu operasi matahari juga dijelaskan pada Surah Ar-Rad Ayat 2. Ayat ini juga menyiratkan bahwa matahari memiliki umur yang telah ditentukan oleh Allah SWT,

Advertisement

Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu,” Surah Ar-Rad Ayat 2.

Dikutip dari situs LiveScience, ilmuwan dari Iowa State University, Lee Anne Wilson menjelaskan bahwa suatu saat panas matahari akan membakar habis helium yang terkandung di dalamnya. Hal itu menyebabkan ukuran matahari mengecil secara perlahan.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com