Dunia Islam

Sistem Komputerisasi Haji Bermasalah, DPR akan Panggil Menag

JAKARTA, EduNews.id – Adanya dugaan terjadinya persoalan dan permasalahan seputar Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) kini mengundang perhatian dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sodik Mudjahid, mengungkapkan, persoalan tersebut semestinya tidak terjadi lagi saat ini.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya dalam hal ini Komisi VIII DPR RI akan memanggil Menteri Agama untuk mengklarifikasi dan meminta penjelasan sekaitan hal tersebut.

“Kita akan panggil, minta penjelasan Menag. seperti tahun lalu bersama tim ahli kami lakukan pengawasan langsung di lapangan,” jelas Sodik, Senin (6/6/2016).

Sodik menyayangkan sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) yang diduga bermasalah tak diperhatikan Kementerian Agama.

“Kemenag tidak belajar dari peristiwa tahun keterlambatan lalu. Ini memalukan karena menunjukkan rendahnya profesionalisme dan komitmen melayani jamaah,” tandasnya.

Padahal, lanjut dia, Keterlambatan visa tahun lalu misalnya disebabkan mayoritas item-item siskohat haji Indonesia beda dengan item-item e-hajj Arab Saudi.

“Kami dari awal berkali-kali mengingatkan agar segera disesuaikan dan di entry lebih awal tapi tahun lalu kemenag lambat memenuhi permintaan kami. Jika sekarang masih beda juga maka membingungkan,” ungkap Sodik.

Menurutnya, siskohat yang tak transparan menunjukkan tidak ada perbaikan kualitas SDM pengelola di Kemenag.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!