Hikmah

Berikut di Bulan Ramadan saat ‘di Rumah Aja’ Selama Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Bulan Ramadan kali ini terasa berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi virus corona. Namun, Anda tetap dapat memperbanyak amalan di bulan Ramadan selama beraktivitas dari rumah.

Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi setiap orang yang melakukan amal saleh selama Ramadan. Meskipun tak ada salat berjamaah dan salat Tarawih di masjid, ada banyak amalan yang dapat dilakukan di rumah.

“Rasulullah pernah berkhutbah, ‘Wahai manusia sungguh telah datang kepada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan magfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah,” kata pengasuh Taman Belajar Al-Afifiyah KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi, kepada CNNIndonesia.com.

Berikut amalan di bulan Ramadan saat di rumah:

Baca juga :  Ketum PP Muhammadiyah Ingatkan Karakter Islam Moderat

1. Puasa Ramadan
Puasa Ramadan adalah ibadah yang hukumnya wajib bagi setiap orang yang beragama Islam dan sudah baligh. Artinya, orang yang meninggalkan puasa Ramadan akan berdosa, sedangkan yang mengamalkannya mendapatkan pahala.

Amalan wajib ini mesti dilakukan sebaik mungkin.

“Puasa bulan Ramadan adalah sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadan berikutnya,” kata Wahyul.

2. Salat tarawih di rumah
Salat tarawih merupakan salah satu keutamaan bulan Ramadan. Salat tarawih merupakan salat sunah yang hanya dilakukan pada setiap malam di bulan Ramadan.

Salat tarawih bisa dilakukan di rumah secara berjamaah atau sendiri-sendiri.

3. Tadarus
Di era pandemi ini disarankan pula untuk menghiasi rumah dengan tadarus atau bacaan Alquran. Khatam Alquran juga sangat dianjurkan pada bulan ini. Menambah hafalan Alquran juga bisa dilakukan sebagai amalan di bulan Ramadan.

Baca juga :  Alhamdulillah! Paul Pogba Merasa Lebih Damai Setelah Memeluk Islam
Advertisement

Orang yang rajin membaca Alquran bakal mendapatkan syafaat saat hari perhitungan dan pembalasan.

4. Berzakat
Zakat juga merupakan ibadah wajib bagi seorang Muslim. Zakat fitrah wajib dikeluarkan saat Ramadan atau menjelang Lebaran.

Umat Islam juga bisa memanfaatkan kesempatan Ramadan dan pandemi virus corona ini untuk mengeluarkan zakat maal atau zakat harta.

5. Sedekah
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sedekah di bulan Ramadan adalah sedekah yang paling mulia.

Bersedekahlah kepada orang-orang yang membutuhkan seperti orang miskin dan anak yatim. Allah akan membalas kebaikan dengan berlipat ganda. Anda dapat bersedekah dari rumah melalui platform online.

Memberi buka puasa pada orang lain juga bernilai sama dengan membebaskan seorang budak.

6. Banyak berdoa
Doa orang yang berpuasa akan lebih mudah dikabulkan Allah. Bulan Ramadan juga waktu yang mustajab untuk berdoa terutama pada malam Lailatul Qadr.

7. Berzikir
Berzikir juga sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Isi setiap hari dan malam di bulan Ramadan dengan berzikir kepada Allah dan bersalawat untuk Rasul Allah.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com