Dunia Islam

Jokowi Masuk 20 Besar Muslim Berpengaruh di Dunia

Muslim Dunia tokoh

EDUNEWS.ID-Pada tahun ini, The Muslim 500 kembali diterbitkan. Seperti biasa, buku ini mengulas 50 Muslim dunia paling berpengaruh.

Kali ini, untuk tahun 2019. Dalam buku tersebut, pengarang mencantumkan 50 nama, foto dan profil tokoh-tokoh Muslim dari berbagai penjuru negeri. Demikian seperti dikutip dari situs web resmi The Muslim 500, www.themuslim500.com, Jumat (19/10/2018).

Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Kelimapuluh tokoh yang disebutkan, sebagian besar merupakan cendekiawan dan kepala negara. Ada 13 kategori yang disertakan secara keseluruhan dalam buku ini, yakni bidang politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta ekstremisme.

Di antara nama-nama termasyhur seperti Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan; Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud; Presiden Singapura, Halimah Yacob; Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, dan remaja Palestina yang pernah ditangkap tentara Israel, Ahed Tamimi, terdapat nama presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi.

Jokowi bertengger di posisi 16 versi buku yang dikompilasikan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam di Amman, Yordania –sedangkan laporannya dikeluarkan secara tahunan dengan kerja sama dari Pusat Pangeran Al-Waleed Bin Talal untuk Pemahaman Muslim-Kristen di Universitas Georgetown di Amerika Serikat.

Selain Jokowi, warga negara Indonesia lain yang juga masuk dalam Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 adalah Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj (urutan ke-20) dan Ketua Umum MUI Jawa Tengah, Habib Luthfi Yahya (urutan ke-37).

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!