Ragam Lainnya

Terungkap! Alasan Kemasan Coca-Cola Berwarna Merah

EDUNEWS.ID-Coca-Cola menjadi merek minuman bersoda yang populer di dunia. Ternyata ada alasan di balik kemasannya yang berwarna merah. Berikut penjelasannya.
Minuman soda menjadi minuman yang paling banyak digemari, terutama di kalangan remaja hingga dewasa menengah. Bahkan di Amerika minum soda sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang dewasa.

Salah satu merek minuman soda paling terkenal adalah Coca-Cola, bahkan banyak merek hingga perusahaan makanan lain yang bekerja sama dengan minuman bersoda ini.

Tetapi pernahkah kamu berpikir, kenapa kemasan Coca-Cola berwarna merah?

Dilansir melalui Mashed (5/2) ternyata warna merah pada kemasan Coca-Cola dipilih bukan secara sembarangan. Warna merah ini bahkan menemani perkembangan Coca-Cola dari awal masa produksi hingga saat ini.

Baca juga :  Beredar Surat Perjanjian Bagi Calon Siswa Baru, Ini Komentar Para Netizen

ada akhir tahun 1800-an, Coca-Cola banyak dijual dalam ukuran tong besar yang dikirim ke toko obat dan apotek. Di saat yang bersamaan, pada masa ini juga merupakan masa di mana minuman beralkohol juga didistribusikan dalam bentuk tong besar.

Perusahaan Coca-Cola kemudian memutar otak agar produk mereka mudah dibedakan dengan produk minuman beralkohol. Akhirnya diputuskan bahwa barel tong Coca-Cola dicat berwarna merah untuk membedakannya ketika melalui pemeriksaan bea cukai.

Menurut keterangan pada Readers Digest, pada masa itu minuman beralkohol dan non alkohol mendapatkan perlakuan dan peraturan yang berbeda. Warna merah pada tong besar Coca-Cola ini juga terbukti membuat Coca-Cola menjadi lebih mudah diingat oleh para petugas bea cukai.

Baca juga :  Cerita Driver Ojek Online ini Bikin Merinding

Setelah perkembangan dilakukan, kemasan Coca-Cola yang sebelumnya berupa tong besar mulai disediakan dalam bentuk botol dan kaleng. Tetapi perubahan kemasan ini tidak diikuti dengan perubahan branding warna merah yang telah dilakukan sebelumnya.

Bahkan warna merah ini menjadi kode yang digunakan oleh berbagai toko dan restoran untuk menandakan bahwa mereka menyajikan Coca-Cola. Biasanya pada toko dan restoran tersebut akan ditampilkan logo berwarna merah.

“Ketika kamu melihat ikon logo merah di etalase, kamu akan tahu bahwa kamu bisa mendapatkan Coca-Cola yang lezat dan dingin di sana,” kata Ryan.

Keunikan lainnya, warna merah yang digunakan tidak memiliki identifikasi pantone atau palet warna. Warna merah yang digunakan pada kemasan Coca-Cola ini secara khusus terdiri dari 3 warna yang berbeda.
Ini merupakan warna yang digunakan sejak awal Coca-Cola masih didistribusikan menggunakan tong. Bahkan warna merah ini digunakan juga pada berbagai jenis produk coke dari Coca-Cola untuk menandakan bahwa mereka berasal dari keluarga yang sama. Seperti Coca-Cola Klasik, Coke Zero hingga Diet Coke.

Baca juga :  Melihat 'Surga' Tersembunyi di Pulau Natuna

Komitmen untuk menjaga tradisi dan branding yang konsisten menghasilkan hal yang tidak terduga. Pada tahun 2019, Coca-Cola bahkan berada di posisi 5 dari 10 merek bisnis teratas. Pencapaiannya mengalahkan McDonald’s dan Disney dari segi merek.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com