Artikel

Tips Mudik Ala Mahasiswa

JAKARTA, EDUNEWS.id – Bagi mahasiswa yang akan mudik, berkemas alias packing memang cukup menguras tenaga dan perhatian. Sebab, tidak hanya kebutuhan sehari-hari, peralatan dan perlengkapan kuliah juga perlu diperhatikan.

Lantas, bagaimana


yang tepat untuk mengemas semua barang keperluan selama mudik dalam satu koper ? Mungkin tips dibawah ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang akan mudik ke kampung halaman.

Yup! Langkah pertama adalah membuat daftar barang kebutuhan selama mudik. Daftar ini akan menjadi acuan sehingga proses packing lebih efektif dan efisien.

Saat membuat daftar, kamu bisa memasukkan kebutuhan pakaian, obat-obatan dan make up hingga alas kaki dan jaket. Jangan lupa, masukkan juga buku atau materi kuliah yang perlu dibawa ke dalam daftar.

Baca juga :  Studi : Hindari TV Jika Ingin Anak Berprestasi

Baju

Hitung dulu berapa hari kamu akan mudik dan acara apa saja yang akan didatangi. Kemudian, tentukan baju yang akan dibawa sesuai perhitungan tersebut. Tidak perlu berlebihan, apalagi jika ternyata kekurangan baju sehari-hari kamu bisa meminjam ke saudara di rumah.

Advertisement

Materi kuliah

Seperti halnya baju, enggak perlu membawa semua buku dan diktat. Cukup bawa beberapa buku yang amat perlu dipelajari. Akan lebih ringkas juga jika kamu membawa materi kuliah dalam bentuk file digital di flashdisk atau laptop.

Barang-barang berharga

Sebaiknya memang tidak meninggalkan barang berharga seperti laptop dan perhiasan di rumah kos. Namun jika terlalu merepotkan untuk dibawa atau khawatir dengan keamanannya, kamu bisa menitipkan barang-barang tersebut ke teman yang tidak mudik atau bahkan di kantor pegadaian. Tetapi, jangan lupa ditebus, ya!

Oleh-oleh

Urusan oleh-oleh ini terkadang lebih merepotkan ketimbang barang pribadi saat mudik. Jika kamu bisa pulang kampung beberapa kali dalam setahun, enggak perlu heboh membawa banyak oleh-oleh untuk keluarga. Namun jika hanya di momen Lebaran kamu bisa mudik, pertimbangkan dengan bijak saat berbelanja oleh-oleh agar tidak merepotkan saat dibawa, apalagi jika perjalananmu cukup jauh.

[OZ]

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com