Ragam Lainnya

Turis Keluhkan Sampah di Pantai Bali

 

BALI, EDUNEWS.ID – Arus laut membawa sampah plastik ke pantai-pantai di Bali termasuk di Jimbaran. Turis China yang lagi liburan pun jadi kecewa karena pantai itu kotor.

Seperti diketahui, kawasan Pantai Jimbaran ini terkenal dengan pemandangan pasir putih, sunset plus hidangan seafood. Tak heran kawasan ini jadi salah satu favorit para turis asing yang piknik ke Bali.

Sayangnya, sampah-sampah plastik yang terdampar di bibir pantai mengganggu keindahan tersebut. Pantauan detikTravel di lokasi, mayoritas sampah tersebut berupa sampah plastik.

Sebagian pantai yang berbatasan dengan Pantai Kedonganan terlihat kotor dengan sampah plastik. Pihak restoran terlihat menutup pemandangan jorok itu dengan kain plastik sementara restoran lainnya memilih menugaskan karyawannya untuk bersih-bersih. Sementara, sebagian kawasan Pantai Jimbaran lainnya terlihat bersih dari sampah.

Baca,   Survei : Pria Lebih Bahagia Dibanding Perempuan

Di tengah sampah-sampah tersebut, terlihat kerumunan turis-turis asal China asyik bermain air. Sebagian di antara mereka terlihat asyik bermain pasir bersama anak-anak.

“Saya pikir pantai di Bali ini sangat indah, cantik seperti di foto-foto tapi ternyata sangat kotor. Saya pikir pantai ini harusnya bersih,” pungkas turis asal Beijing bernama Yuanhaiwei ditemui di Pantai Jimbaran, Bali, Selasa (29/1/2019) petang kemarin.

Guru SD asal Beijing itu mengaku kecewa dengan kunjungannya ke Pantai Jimbaran tersebut karena kotor. Padahal menurutnya kawasan pantai itu tenang sehingga cocok untuk bermain bersama keponakan-keponakannya.

“Saya ingin makan ikan bersama keponakan saya, dengan pemandangan indah, tapi ini tidak sesuai ekspektasi kami,” tuturnya.

Baca,   Sampah Perayaan Tahun Baru Capai 354 ton

Hal senada juga disampaikan tur guide Yuanhaiwei, Virwu. Dia mengaku malu dengan pemandangan sampah plastik yang jorok tersebut.

“Saya sempat telepon kantor, kok Jimbaran begitu. Kita jadi bingung. Kita juga nggak bicara lagi,” ungkapnya.

Jika sudah kotor seperti itu, Virwu mengaku hanya bisa mencari-cari alasan agar para tamunya itu tak kecewa.

“Kita mau nggak mau alasan musim hujan banyak sampah terbawa sini, padahal sudah dibersihin. Ya, sebagian ada yang bawel ada yang nggak,” ujar Virwu.

Permasalahan sampah ini tak hanya dialami di Pantai Jimbaran, tapi juga di Pantai Kuta hingga Pantai Petitenget. Bahkan saking banyaknya sampah, kawasan Pantai Kuta hingga Pantai Petitenget sempat ditutup bagi wisatawan yang mandi maupun surfing.

Baca,   Buang Limbah Medis Sembarangan Ternyata Kejahatan Lho...

dtk

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!