Komunitas

APTI Konsolidasikan Basis di Wilayah Sulawesi Selatan

MAKASSAR, EDUNEWS.ID-Sejak Akhir Mei Hingga Awal Juni 2017, DPP APTI (Aliansi Pemuda Toraja Indonesia) yang diwakilkan oleh Acantha Sampetoding yang merupakan Komite Keanggotaan dan Kaderisasi APTI. Yodi Anta Pongmasangka, Sekretaris Bidang Internal APTI dan Pasa Maraya, Penanggungjawab APTI Wilayah Sulawesi Selatan melakukan kegiatan di Rantepao Toraja Utara dan Kota Makassar.

Pengenalan organisasi APTI ini bukan untuk menjadi saingan dari organisasi-organisasi kepemudaan dan mahasiswa yang sudah ada di wilayah Sulawesi Selatan. Aliansi sendiri memiliki pengertian yaitu persahabatan antara banyak pihak yang dibuat dalam rangka memajukan tujuan bersama dan untuk kepentingan umum. Konsentrasi APTI sendiri merangkul seluruh elemen Pemuda Toraja tanpa melihat latar sosial, latar pendidikan, latar pekerjaan, latar politik dan latar agama. Tujuannya untuk kebersamaan pemuda Toraja.

Baca juga :  KeDai Peduli Berbagi Paket Sembako Kepada Masyarakat

“Berharap pemuda Toraja seluruh Indonesia dapat bersinergis. Ada banyak potensi yang mesti dikonsolidasikan bersama-sama,” ujar Achanta dalam keterangannya, Sabtu (10/6/2017).

Kegiatan APTI selama ini fokus dalam kajian-kajian strategis daerah yang bisa didorong di Jakarta. Keanggotaan APTI sendiri adalah sesuai dengan UU Kepemudaan, yakni berusia di bawah 35 tahun.

Dalam pemaparan dan kunjungan DPP APTI sendiri menjelaskan bahwa APTI di Jakarta telah memiliki sekertariat tetap yakni di Asrama Toraja Rawamangun dan dalam waktu dekat akan memiliki LBH (Lembaga Bantuan Hukum). APTI sendiri akan fokus dalam mengkaji permasalahan daerah dari sisi pandang di pusat pemerintahan. Oleh sebab itu APTI membutuhkan dukungan oleh pemuda yang berada di Sulawesi Selatan khususnya sekitaran Toraja agar permasalahan daerah bisa lebih aktual untuk didorong ke ibukota Jakarta.

Baca juga :  Sambut HUT RI, Pemuda Toraja Gelar Dialog Refleksi Pahlawan Toraja

“Pemuda Toraja sangat banyak, terutama di Sulawesi Selatan. Dukungan dari semua elemen menjadi sangat penting. Itulah alasan saya datang ke sini. Membangun kebersamaan,” tambah pemuda lulusan Universitas Telkom Bandung ini.

Selain itu, kunjungan dari DPP APTI juga untuk mencoba mempromosikan dan mendukung kegiatan TIF (Toraja Film Festival) yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. APTI juga berkunjungan ke sekretariat salah satu perantau sukses Toraja yakni Djuli Mambaya, Rumah Direktur Eksekutif Matrass dan Pendiri PEPATA (Perasatuan Perantau Toraja) yakni Firdaus Paressa, bertemu beberapa organisasi kepemudaan.

Sejak tahun 2014, penasehat APTI adalah bapak Jonathan Parapak dan bapak Samuel Parantean. Tokoh-tokoh seperti Djuli Mambaya, Firdaus Paressa, dan Esther Manapa juga bersedia menjadi pembina.

Baca juga :  APTI Gelar Buka Puasa Bersama di Kota Makassar

RLS | EDUNEWS

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top