Komunitas

Channel 09 Teknik Unhas Gelar Bazar sekaligus Bincang Kepenulisan

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Gugus Kegiatan Mahasiswa atau disingkat dengan GKM Channel 09 Teknik Unhas mengadakan bazar sekaligus dirangkaikan dengan Bincang Kepenulisan dan Diskusi Buku, Kamis malam (6/4/2017). Bertempat di Kopi Korner, Jalan Pengayoman (samping lampu merah Toddopuli), Makassar.

Bazar ini menghadirkan salah satu penulis Makassar, Ilham Aidil dengan bukunya yang berjudul “Hari ini dan Esok”. Sebuah buku yang ditulis oleh seorang mahasiswa tentang kehidupannya selama di bangku perkuliahan, mulai dari kisah pahit getirnya berjuang dalam perjalanan kampus sampai kepada romansa percintaannya dengan seorang wanita yang didambanya.

Ada yang beda untuk bazar Channel 09 kali ini, yakni di mana Channel 09 menggandeng komunitas Pondok Baca, yaitu salah satu komunitas yang juga bergelut di dunia literasi. Beberapa koleksi dari perpustakaan Pondok Baca diboyong ke lokasi bazar. Siapa pun pengunjung yang hadir dapat memilih dan membaca buku sebagai penambah wawasan dan memperkaya khazanah ilmu.

Baca juga :  Masika ICMI Sulsel: Penanganan Masalah Narkoba Harus Dilakukan Sejak Dini

Selama bazar, diskusi buku berlangsung cukup alot di mana diselingi dengan beberapa pertanyaan dari peserta diskusi, mulai dari pertanyaan tips-tips dan kendala saat menulis, awal sebuah proses seorang penulis menuangkan karyanya, sampai membahas kepada kapan sebuah karya dikatakan sebuah karya dan lain-lain.

Penulis menuturkan bahwa, menulis baginya adalah sebuah perjalanan. Di mana, apapun yang kita tuangkan dalam setiap karya lewat tulisan adalah sebuah proses perjalanan yang nantinya akan membawa kita ke arah keabadian. Karena bagi penulis, manusia sepatutnyalah selain memiliki umur biologis, juga harus memiliki umur historis. Di mana umur biologis yang kita kenal saat ini sebagai angka dan umur historis itu sendiri adalah umur di mana kita isi dengan sebuah karya dalam hal apapun itu, termasuk sebuah tulisan yang nantinya akan bermanfaat bagi khalayak ramai menuju sebuah warisan dan keabadian.

Baca juga :  APTI Gelar Buka Puasa Bersama di Kota Makassar

Nur Zakiah Amir selaku Pimpinan Umum Channel 09 dan sekaligus sebagai moderator dalam diskusi tersebut, menutup diskusi dengan sedikit menarik kesimpulan bahwa “Persoalan menulis adalah persoalan sudut pandang. Jika kita telah menemukan tujuan untuk apa kita menulis, maka terjawab lah semua kendala kita dalam menuangkan sebuah karya”. (cr/Melisa)

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com