Ekonomi

Masa Pandemi, TurunTangan Beri Apresiasi kepada Pekerja Seni

Relawan TurunTangan saat membagikan paket kepada pekerja seni di salah satu sanggar yang ada di Jakarta Barat, Selasa (5/5/2020).

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Penyebaran Covid-19 hingga saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Di masa pandemi, banyak kalangan yang merasakan dampaknya secara langsung, salah satunya adalah kelompok seniman.

Mereka yang berprofesi sebagai seniman dan sebagian menggantungkan mata pencaharian kehidupannya lewat seniman kini tak lagi beraktifitas seperti biasanya karena adanya larangan kerumunan orang sehingga mereka tak bisa lagi mengadakan event pertunjukan.

Kondisi itulah yang membuat Gerakan TurunTangan mengadakan program donasi bagi pekerja seni. Program ini sebagai bentuk apresiasi kepada para pekerja seni yang terhambat mata pencahariannya di masa pandemi dengan memberikan kebutuhan bahan pokok (sembako).

Relawan TurunTangan, Azmi Kautsar mengungkapkan, Program donasi pekerja seni tersebut merupakan buah kerjasama antara TurunTangan dengan KitaBisa.com serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga :  Rapat Pleno PBNU Bahas Fenomena Game Pokemon GO

Hari ini, Selasa (5/5/2020), relawan TurunTangan membagikan bentuk apresiasi tersebut kepada pekerja seni di dua titik yang ada di Jakarta Barat.

“Hari ini kami telah bagikan 70 paket berupa sembako kepada para pekerja seni sebagai bentuk apresiasi di dua titik yaitu sanggar sekojor dan sanggar tari putri ranggapati,” kata Azmi, Selasa (5/5/2020).

Azmi menuturkan, selain hari ini, relawan TurunTangan juga akan membagikan 1000 paket sembako di berbagai titik yang ada di kota Jakarta.

“Kita akan memberikan 1000 sembako kepada pekerja seni yang tersebar di lima kotamadya di DKI Jakarta,” katanya.

Kata Azmi, seperti diketahui, pada dasarnya pekerjaan seorang seniman dan pelestari budaya banyak bersentuhan dengan masyarakat, khususnya untuk menghasilkan uang dari karya seninya. Maka dari itu, kondisi sosial saat ini yang memaksa setiap orang untuk diam di rumah menghilangkan penghasilan mereka.

Baca juga :  Utang dan Pangan Indonesia Rentan Terdampak Risiko Global

“Itulah yang jadi alasan kami, tentu tidak terbatas pada bidang seni apapun, mulai dari ondel-ondel, penari, pesilat, sampai pelestari budaya betawi
,” kata Azmi.

Ia juga berharap, agar kelompok seniman juga diberikan perhatian di tengah masa pandemi Covid-19.

“Kita berharap, kita semua tidak melupakan seniman. Karena mereka yang menggantungkan hidupnya pada seni disadari atau tidak saat ini kondisi mereka sangat sulit karena kehilangan pendapatannya,” ujar Azmi.

“Di TurunTangan, kami selain membuka donasi, juga membuka kesempatan kepada siapaun untuk menjadi bagian dari TurunTangan sebagai Relawan,” lanjut Azmi.

Sementara itu, Maman(50) salah satu pekerja seni di Sanggar Tari Puri Ranggapati sangat berterimakasih dengan adanya apresiasi yang disalurkan oleh pihak TurunTangan.

Baca juga :  Berikut Cara Praktis Menggunakan Kartu Prakerja

“Ini sangat membantu, karena selama beberapa bulan ini udah engga ada latihan apalagi kompetisi jadi pelatih dan penari udah engga berpenghasilan,” kata Maman yang juga ketua Sanggar Puri Ranggapati.

Bagi masyarakat yang ingin berbagi donasi kepada pekerja seni, Azmi menuturkan bisa langsung berdonasi ke TurunTangan atau terlibat sebagai relawan.

Untuk donasi bisa melalui Gopay ke nomor 082135479393 (a/n. yayasan Turuntangan). Atau transfer ke BCA 0063777878 atau Bank Mandiri: 1030000440442 (a/n yayasan Turuntangan).Update informasinya melalui instagram https://instagram.com/turuntangan dan web: turuntangan.id

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com