Komunitas

Pendaftaran LK II HMI MPO Cabang Makassar Mulai Dibuka Hari Ini, Berikut Persyaratannya

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pendaftaran Intermediate Training atau Latihan Kader (LK) II Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Makassar mulai dibuka hari ini, Selasa (1/12/2020).

Berikut syarat kepesertaan untuk mengikuti Latihan Kader II HMI MPO Cabang Makassar :

1. Anggota biasa HMI yang telah lulus Latihan Kader I (Basic Training) sekurang-kurangnya 6 bulan, dibuktikan dengan fotokopi sertifikat LK I atau surat keterangan telah mengikuti LK I dari pengurus HMI cabang yang bersangkutan. Bagi peserta yang berasal dari HMI Cabang Makassar, surat keterangan berasal dari komisariat terkait.

2. Membuat esai sepanjang 1000 s/d 1500 kata dengan memilih tema yang telah ditentukan oleh panitia. Dilarang keras melakukan Plagiat atau menjiplak karangan orang lain.

3. Adapun tema esai sebagai berikut: 

– Peran HMI  di Era Revolusi Industri

– Gerakan Dakwah Islam di Era Digital

– Literasi Media Era Post Truth

– Demokrasi Era Digital

Tema esai dipilih satu saja yang sesuai keinginan, passion dan kemampuan.

4. Resume Khittah Perjuangan minimal 1500 kata di luar spasi.

5. Hafalan Surah-Surah Pendek (An-Nas sampai Ad-Dhuha)

6. Membuat Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) yang dikirimkan secara bersamaan dalam file terpisah dengan esai. Pada CV, disertakan pas foto dan kontak person (nomor hp/WA).

7. Batas pengiriman esai dan CV adalah pada 16 Desember.

8. Peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi esai wajib membayar uang registrasi sebesar Rp. 100.000; Uang registrasi ditransfer via 064201009463534 (BRI A.N. HMI CABANG MAKASSAR). Konfirmasi pembayaran uang registrasi ke Akbar (Ketua Panitia)

9. Peserta yang lolos seleksi esai dan sudah membayar uang registrasi berhak mengikuti seleksi tahap kedua (Screening)

10. Peserta yang tidak lulus tahap kedua (screening) berhak menerima kembali uang registrasi secara penuh.

11. Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi:

Baca juga :  Djusman AR dan Pendiri Kopel Indonesia Bekali Materi Anti Korupsi pada Kader HMI dalam LK II Nasional

a) Print (CV) sebanyak 3 rangkap.

b) Slip bukti pembayaran

c) Menyerahkan surat mandat dari cabang yang bersangkutan (untuk peserta dari HMI Cabang Makassar, surat mandat berasal dari komisariat terkait).

d) Print esai sebanyak 2 rangkap.

12. Untuk hal-hal yang belum jelas, bisa ditanyakan ke pihak panitia.

Ketentuan tersebut sesuai Term of Reference (TOR) yang diterima oleh wartawan Edunews.id, dari panitia pelaksana.

Pendaftaran LK II dimulai pada tanggal 1-15 Desember 2020, Screening 16-18 Desember 2020, dan pelaksanaan kegiatan selama 8 hari atau 20-27 Desember 2020, dengan tema ‘Membangun e-HMI; Beyond HMI’.

Logo Intermediate Training atau LK II HMI MPO Cabang Makassar (20-27/12/2020).

Ketua Panitia LK II, Ahmad Nurfajri Syahidallah mengatakan, pada pelaksanaan LK II nantinya, peserta akan menerima materi-materi yang berkaitan dengan teknologi dan digitalisasi.

“Intermediate Training kali ini, para peserta dapat mendiskusikan segala hal yang berkaitan dengan era digital atau era disrupsi,” katanya.

Pihaknya mengusung tema tersebut dikarenakan, kondisi zaman yang terus berkembang dari manual ke digitalisasi, sehingga keilmuan kader HMI MPO bisa tetap terus sejalan dengan perkembangan zaman.

“Ajang untuk HMI menyelaraskan langkah dengan kondisi sosial terkini. HMI sebagai entitas pengusung masyarakat, tentunya perlu cakap dalam menghadapi setiap tantangan yang dilahirkan oleh masifitas teknologi,” harapnya.

Dirinya juga mengajak kepada semua kader lepasan (LK I) HMI MPO dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote untuk mengikuti LK II di kota Makassar.

Dikabarkan, pihaknya juga akan mendatangkan sejumlah pemateri dari perusahaan besar di bidang digitalisasi, seperti Google hingga Telkomsel dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com