Komunitas

Sambut HUT RI DPP APTI Adakan Diskusi Pejuang Toraja yang Lawan Belanda

JAKARTA, EDUNEWS.ID- Hari ini, banyak pemuda Toraja sudah tidak mengetahui siapa siapa saja pejuang asal Toraja yang melawan penjajah Belanda. Situasi ini ironis karena Toraja adalah daerah yang terakhir di Sulawesi yang takluk oleh Belanda pada tahun 1907 setelah “Pong Tiku” dieksekusi.

Pada tahun 2003, Pong Tiku diangkat menjadi pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Pong Tiku adalah pahlawan asal Toraja.

Dewan Pengurus Pusat Aliansi Pemuda Toraja Indonesia (DPP APTI) pun inisiatif menyambut Agustus 2017 dengan membuka diskusi internal.

Benyamin Kembong Lisulembang salah satu pakar sejarah lokal yang diundang menjadi pemateri pada diskusi internal di asrama pemuda Toraja Rawamangun, Asrama Pemuda Toraja , Wisma 31, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (5/8/2017).

Baca juga :  APTI Gelar Buka Puasa Bersama di Kota Makassar

Dihubungi ditempat terpisah, Acantha Sampetoding salah satu Pengurus DPP APTI menuturkan tujuan diskusi kecil ini untuk mengetahui lebih rinci pahlawan-pahlawan Lokal Toraja seperti Matandung, Pong Masangka, Tandibua, dan Bombing yang melanjutkan perjuangan Pong Tiku di wilayah Toraja.

“Beberapa Pejuang masa lalu harus di ketahui oleh generasi Toraja. Sebagai kekayaan budaya sejarah dan dorongan semangat bagi anak muda”,ujar Acantha.

RLS | EDUNEWS

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top