Komunitas

Terpilih sebagai Ketua FTBM Banyumas, Fajar Pujianto : Mari Saling Sinergi dalam Memupuk Budaya Literasi

Fajar Pujianto, nomor 4 dari kiri

PURWOKERTO, EDUNEWS.ID – Dedikasi dalam menggiatkan budaya literasi di wilayah tempatnya bermukim mengantar Fajar Pujianto untuk terpilih sebagai Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab. Banyumas pada acara pemilihan ketua FTBM baru sekaligus Workshop Kepenulisan Buku Bacaan Anak yang diselenggarakan di Hotel Dominic Purwokerto, Ahad (26/01/2020).

Menggunakan sistem voting, Fajar berhasil mendapat perolehan suara terbanyak di antara ketiga pesaingnya yang dinilai juga merupakan kandidat-kandidat berdaya potensial tinggi dalam hal memajukan literasi di Kabupaten Banyumas.

“Saya amat bersyukur atas amanah yang sudah teman-teman semua berikan kepada saya. Cukup tidak menyangka juga, karena menurut saya kandidat-kandidat lain malah jauh lebih hebat sepak terjangnya ketimbang saya sendiri,” tutur Fajar ketika ditemui usai acara pemilihan ketua FTBM Banyumas berakhir.

Baca juga :  Meningkatkan SDM dengan Gerakan Melek Literasi

Adalah bukan tanpa alasan Fajar sanggup memenangkan hati para pemilih. Selain karakternya yang supel dan selalu mampu memberi motivasi kepada khalayak, ia juga dikenal sebagai pegiat literasi idealis yang mempunyai jam terbang tinggi. Lelaki yang bertempat tinggal di Desa Babakan Kecamatan Karanglewas tersebut sudah mulai menggeluti dunia literasi dengan membangun TBM Anfat di kediamannya sendiri sejak tahun 2016, dilanjut dengan mendirikan Sekolah Kampoeng Menulis (SKM) Indonesia pada tahun 2017 yang hingga saat ini sudah memiliki banyak anggota yang berasal dari dalam maupun luar kota.

Atas jabatan yang diterima, Fajar Pujianto akan memimpin lebih dari 75 TBM yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Banyumas selama periode tahun 2020 – 2024. Ia sendiri telah merancang beberapa program unggulan yang salah satunya adalah membawa Kabupaten Banyumas menjadi salah satu kabupaten wisata literasi di Indonesia.

Baca juga :  SIMPOSIUM Sulsel Segera Rekrut Anggota Baru

Fajar mengungkapkan, agar seluruh program unggulan literasi yang ia canangkan dapat terwujud tentu tak bisa jika ia melakukan tugas tersebut seorang diri melainkan diperlukan suatu kerjasama yang solid antara ia dan lapisan pendukung lain.

“Saya harap semua anggota tim saya pada khususnya dan seluruh lapisan masyarakat se-Kabupaten Banyumas pada umumnya supaya berkenan untuk saling bersinergi dalam membiasakan budaya literasi sejak dini. Tak ada yang sia-sia, setiap usaha dari satu orang saja akan sangat berarti harganya bagi kemajuan literasi kita,” ucapnya.

Tidak lupa pula Fajar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Heru Kurniawan selaku ketua FTBM Banyumas periode sebelumnya atas jasa besar yang selama ini telah ia berikan demi berkembangnya gairah literasi di tanah Banyumas.

Baca juga :  Jelang Musda Parkindo Sulsel, DPP Parkindo Tinjau Lokasi

“Mohon do'a dan partisipasinya saja. Semoga setelah ini semangat literasi serta tingkat kesejahteraan hidup baik di Kab. Banyumas maupun di wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia mampu berkembang lebih pesat lagi, lagi, dan selalu,” tandas dia. (Lianna Putri S.M.)

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!