Artikel

Kesan Bersama Bang AM Fatwa

 

 

Oleh : Ilham M Wijaya*

OPINI, EDUNEWS.ID – Saya berkesempatan mendampingi Bang Fatwa sebagai Staf Ahli kurang lebih satu tahun ketika beliau menjabat Wakil Ketua MPR RI. Kesan saya beliau betul-betul negarawan yang sangat mencintai negerinya begitu juga pekerjaaannya.

Setiap hari saya melihat aktivitasnya full dikantor tidur makan dan menerima tamu tidak lupa disela2 itu beliau membaca buku dan menulis, tulisan yg sdh setengah jadi itu dikasih ke para staf ahli termasuk saya untuk diperbaiki dan dijadikan opini atau rilis media.

Jarang sekali ada pejabat yang mau menuangkan ide sekaligus menulis seperti bang Fatwa, semua ide dari beliau dan tulisan setengah jadi itu diberikan ke para Staf ahli, kami hanya meneruskan dan menyelaraskan.

Pernah suatu waktu kami inisiatif untuk menyampaikan strategi geopolitik timur tengah termasuk positioning Bang Fatwa harus seperti apa? Dengan bentuk flowchart dan tulisan lengkap kami berika ke beliau.

Tak disangka tulisan itu jadi referensi untuk beliau keliling timur tengah dan menemui para pemimpin disana. Hasilnya beliau menjadi tamu khusus kerajaan Arab Saudi, beliau diakui sebagai tokoh muslim dunia. Hal ini dilakukan bukan karena kapasitas negara melainkan inisiatif yang tinggi terhadap perdamaian timur tengah dan dunia Islam.

Banyak yang saya pelajari dari sosok Bang Fatwa, pekerja keras, peloby ulung, berprinsip, pasang badan apalagi menyangkut perjuangan Islam. Kesehariannya dikantor mengingat usianya sudah sepuh. Selesai rapat beliau tidur dikantor dan menjelang ashar dengan santai bersarung beliau bertemu para tamu dan staf ahli.

Setelah waktu berlalu, berita sakit Bang Fatwa tersiar di Medsos, saya sempat kaget dan ingin sekali menjenguk. Meski waktu itu kabarnya beliau sdh baikan dan kebetulan saya lagi diluar kota. Akhirnya urung saya bersilaturahmi.

Pagi ini (14/12/2017) berita duka menyentak Bang Fatwa telah dipanggil sang Maha Kuasa, menyesal saya tidak menyempatkan waktu bertemu dengan beliau. Selamat Jalan Bang Fatwa, saya jadi saksi abang orang yang gemar beramal sholeh semoga Allah terima dan menjadi pahala serta diampuni segala kekhilafan dosa selama di dunia. Alfatihah…

Ilham M Wijaya

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!