Artikel

Sejarah Berulang, Dulu HMI, Kini FPI

Oleh : Abraham Lagaligo*

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Melihat kondisi kekinian, dimana aparat negara, partai politik (parpol) hingga organisasi masyarakat (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ramai-ramai menuntut pembubaran Front Pembela Islam (FPI) mengingatkan kita pada era 1960-an, saat Orde Lama dan Partai Komunis Indonesia (PKI) berkuasa.

Saat itu, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) digempur dari segala penjuru arah karena menolak paham Nasakom (Nasionalis-Agama-Komunis). Mulai parpol, ormas, hingga aparat negara pro PKI mendesak HMI dibubarkan. Presiden Soekarno pun memberi angin tuntutan itu dengan alasan HMI tidak progresif-revolusioner karena menolak Nasakom.

Sampai-sampai dalam pidatonya di depan anggota CGMI (Central Gerakan Mahasiswa Indonesia, underbow PKI) pentolan PKI DN Aidit berseru: kalau tidak bisa membubarkan HMI lebih baik kalian pakai sarung…!

Sama seperti sekarang, setiap aksi HMI selalu disaingi aksi CGMI dan sayap-sayap PKI lainnya. Ulama dan tokoh-tokoh yang pro HMI difitnah, dikriminalkan, dipenjara, termasuk Buya Hamka. Aksi HMI diserang dan dibubarkan, tidak diberi ruang bernafas sama sekali. Namun Allah Maha Besar, Maha Penolong. Alhamdulillaah HMI membuktikan dirinya adalah “Anak Zaman”. HMI gagal dibubarkan, dan tetap eksis sebagai organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia, hingga sekarang akan memperingati Ulang Tahunnya yang ke-70 pada 5 Februari 2017 mendatang. Justru PKI dan Orde Lama yang terjungkal.

Setengah abad berselang, kini FPI yang dibully karena meminta Basuki Tjahaja Purnama penghina Islam dihukum. Pimpinannya, Habib Rizieq Syihab, simpatisan dan tokoh-tokoh yang mendukungnya, dikriminalkan, dikejar-kejar bagaikan teroris. Aksi-aksinya diganggu, dan difitnah sebagai gerakan Islam radikal intoleran.

Sekarang, tinggal bagaimana ummat Islam bersikap. Larut dalam fitnah terhadap FPI, atau menjadikan FPI sebagai aset bangsa yang harus dijaga dari berbagai teror penguasa dzalim serta antek-anteknya. Terlepas dari itu semua, Allah Maha Besar, Maha Kuasa. Janji Allah akan berlaku, “siapa menolong agama Allah, maka Allah akan menolongnya”. FPI akan tetap eksis dan jaya, penyerangnya akan terjungkal binasa.

ALLAHUAKBAR…. !!!

 

Abraham Lagaligo, Ketua Umum HMI Cabang Surabaya 2002-2003

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!