Opini

Islam Jangan Minta Tolong!

 

 

Oleh : Jufra Udo*

OPINI, EDUNEWS.ID – Segala sesuatu yang tampak besar, tentulah mudah dilihat. Dan, dalam sebuah rekayasa isu, ‘yang besar-besar’, tentu sangat dibutuhkan, dengan harapan pesan isu mudah tersampaikan. Dan mampu melahirkan suatu hegemoni baru.
Demikian pula dengan Islam. Sebagai agama yang besar, secara populasi, sangat seksi untuk dijadikan sasaran empuk sebuah rekayasa.

Akhir-akhir ini, label Islam yang dihinggapi virus teroris, seperti yang ramai di beberapa media massa, sangat menyakitkan. Nyaris meruntuhkan pesan ‘Islam sebagai agama yang damai’.

Saban hari, isu teroris selalu menyeruak dari bilik-bilik identitas Islam, seperti masjid, dan momentum-momentum besar keagamaan (seperti bom Kampung Melayu jelang Ramadhan). Ini sangat rentan menggedor daya keimanan kita. Mendodorkan keyakinan kita, untuk ragu soal tagline “Islam rahmatan lil alamin”.

Baca juga :  Catatan Jelang Kongres HMI ke-XXXI

Saya tak mempreteli lebih jauh. Soal apakah kemunculan isu teroris yang berbarengan dengan identitas Islam merupakan sebuah rekayasa atau memang benar ulah teroris?
Benar-tidaknya hal tersebut, tidak jadi soal. Yang lebih mengkhawatirkan, yakni ketika jubah keimanan kita dikendorkan oleh stigma terorisme. Disinilah titik fokus kewaspadaan kita.

Advertisement

‘Percaya’ sebagai titik dasar keimanan kita jangan sampai ikut melorot berbarengan dengan santernya isu terorisme tersebut.

Sebagai penganut agama yang besar, kita tidak perlu panik dalam merespon isu tersebut. Apalagi ikut-ikutan menghakimi aktivitas keber-Islaman sebagian kalangan penganut Islam.

Sebagai penganut Islam, yang perlu kita lakukan adalah menyebarkan pesan kedamaian. Mulai dari pikiran kita sendiri, hingga ke telinga orang lain.

Dan nilai-nilai kedamaian tersebut harus diintegrasikan dalam laku keseharian kita. Hanya dengan cara itu, kita mampu menangkal latennya bahaya terorisme yang coba merangsek kepercayaan kita.

Sebagai penganut Islam, kita tidak perlu merengek. Apalagi sampai minta tolong, agar berita terorisme dihentikan! Sebab, inilah ujian keimanan kita!

Jufra Udo, Ketua Umum HMI MPO Cabang Kendari 2014-2015

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com