Opini

Kampuh Welding Indonesia Solusi Solutif Mengatasi Pengangguran Lulusan Sekolah Menengah

Oleh: Syaifulloh*

 

OPINI, EDUNEWS.ID- Fenomena menarik terjadi sekarang ini dimana lulusan SMK menempati rangking tertinggi pengangguran di Indonesia. Padahal lulusan SMK mestinya memang dipersiapkan untuk langsung bekerja atau terserap di dunia kerja yang membutuhkan skill mereka baik teori maupun praktek.

Pengangguran Bertambah, Paling Banyak Lulusan SMK: https://t.co/glJwOaVDZm. Pertanyaannya apakah yang mereka pelajari di sekolah sudah tidak sesuai dengan kebutuhan kerja? Apakah mereka mendapatkan sertifikasi yang dibutuhkan untuk bisa diterima di dunia kerja?

Bila kita mengacu kepada tujuan pendidikan SMK Pendidikan menengah kejuruan adalah pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Pendidikan menengah kejuruan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional. Sesuai dengan bentuknya, sekolah menengah kejuruan menyelenggarakan program-program pendidikan yang disesuaikan dengan jenis-jenis lapangan kerja (Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990).

Baca juga :  Islam dan Informasi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat. Sekolah dijenjang pendidikan dan jenis kejuruan dapat bernama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau bentuk lain yang sederajat (Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003).

Bila pada tahun mendatang jumlah lulusan semakin besar maka tingkat pengangguran daei SMK akan semakin tinggi dan ini membutuhkan solusi yang solutif agar permasalahan pengangguran ini bisa di atasi dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan industri serta pertumbuhan ekonomi.

Dibutuhkan Diklat kompetensi yang bisa memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang cukup agar para lulusan SMK bisa mendapatkan kesempatan kerja yang baik melalui sertifikasi keahlian dari lembaga sertifikasi baik dalam maupun luar negeri.

Baca juga :  Sektor Energi dan Migas Semrawut, Ini Lima Masalah Besar yang Diciptakan Pemerintah

Hal yang terpenting setelah mendapatkan sertifikasi para lulusan dikirimkan untuk magang kerja di berbagai perusahaan baik di dalam maupun luar negeri agar mereka secepatnya bisa diterima di dunia kerja.

Kampuh Welding Indonesia adalah solusi terbaik dalam menyiapkan tenaga welder profesional yang lulusannya mendapatkan sertifikasi welder international dan siap bekerja di berbagai industri kontruksi, perkapalan baik di dalam maupun luar negeri.

Kampuh Welding Indonesia adalah Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) yang bergerak dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam Bidang Teknologi Las yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sebagai LPKS, Kampuh Welding Indonesia telah memperoleh Sertifikat Verifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Lembaga Sertifikasi Profesi LAS (LSP – LAS) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Logam Mesin Indonesia (LSP-LMI) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca juga :  Menghargai Bangsa Sendiri
Advertisement

Kampuh Welding Indonesia juga melaksanakan Kualifikasi/Sertifikasi yang bekerjasama dengan International Association of Classification Societies (IACS) Members, diantaranya Lloyd Register (Class LR) – Inggris, Nippon Kaiji Kyoukai (Class NK) – Japan. Selain dengan IACS Members, Kualifikasi/Sertifikasi juga dilaksanakan bekerjasama dengan Biro Klasifikasi Indonesia (Class BKI) – Indonesia.

Berdiri pada 26 Mei 2015 di Surabaya Kampuh Welding Indonesia dibangun dan dipimipin oleh Personil yang berpengalaman dibidang produksi / welding digalangan kapal terbesar di Indonesia selama lebih dari 25 tahun dan didukung oleh karyawan – karyawan yang berorientasi dalam memajukan industri maritim di Indonesia. Kampuh Welding Indonesia berkomitmen untuk menjadi tempat pendidikan dan pelatihan sekaligus Tempat Uji Kompetensi (TUK) paling unggul dalam Mencetak Welder Profesional Untuk Indonesia Bersertifikat Nasional dan Internasional.

Salah satu hal yang melatarbelakangi pendirian Kampuh Welding Indonesia adalah bahwa masih banyak pemuda produktif yang tidak bisa berinovasi karena keterbatasan lapangan kerja, pendidikan, skill dan modal. Karena itu kami mencoba untuk meresponnya dengan mengadakan kegiatan Welding School. Karena secara faktual infrastruktur pembangunan fisik suatu negara semakin banyak yang menggunakan aplikasi pengelasan dan banyak fasilitas yang menggunakan teknologi pengelasan.

Selain itu, kebutuhan untuk juru las (welder) yang sangat tinggi, yang dituntut harus mempunyai kompetensi sesuai dengan serapan industri, baik itu kompetensi berlevel nasional maupun internasional.
Kampuh Welding Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa galangan kapal dalam negeri dan luar negeri serta beberapa perusahaan sektor industri konstruksi tentang peningkatan dan penyediaan SDM bidang welding. Dan telah mendapat kepercayaan dari Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada Program Diklat 3 in 1 Bidang Pengelasan Kapal dan Heavy Industry pada tahun 2015.

Sebagai Corporate Member dari Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) atau Indonesian Welding Society (IWS) dan Ikatan Perusahaan Produsen Kapal & Sarana Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO), Kampuh Welding Indonesia memiliki fasilitas yang lengkap, manajemen yang profesional dan instruktur-instruktur las yang handal dan berpengalaman kerja di luar negeri.

Sampai periode bulan Oktober 2019, Kampuh Welding Indonesia telah meluluskan siswa sebanyak 3229 welder dan hampir 90% persen sudah terserap di dunia kerja baik di dalam dan luar negeri, terutama pada galangan kapal.

Kampuh Welding Indonesia berbakti untuk negeri dengan memberikan solusi yang solutif bagi penekanan pengangguran terpelajar agar tidak semakin melebar yang bisa berdampak kepada masalah-masalah sosial di masyarakat.

 

Penulis adalah penikmat pendidikan

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com