Opini

KULIAH ONLINE, SOLUSI ATAU MASALAH ?

Ilustrasi Kuliah Online. Foto : https://kulon.co.id/

Oleh Firmansyah* 

OPINI, EDUNEWS.ID-Dunia saat ini sedang dilanda musibah yang sangat besar dan mengancam keselamatan orang banyak. Musibah yang sangat berbahaya dan telah menjadi pandemik, yang dapat membuat orang-orang mengalami sakit berat bahkan tewas sekalipun, lebih tepatnya musibah itu adalah Covid-19 atau kerab disebut sebagai Virus Corona. Orang-orang dibelahan dunia, di negara manapun sangat fobia dengan virus yang satu ini, karena virus ini dapat mengurangi jumlah penduduk dunia dan merambat kemana mana, telah banyak korban yang berguguran karena serangan virus ini. Sejauh ini, virus tersebut belum ditemukan obat penangkalnya sehingga satu satunya jalan yang dapat ditempuh oleh pemerintah dibeberapa negara adalah LockDown dan Social Distancing.

Covid-19 tidak hanya berpengaruh negatif kepada bidang kesehatan, tetapi juga sangat berpengaruh pada bidang bidang lainnya, seperti pemerintahan, Ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. Terkhusus di indonesia, virus ini memberikan efek yang sangat negatif kepada semua orang, bukan hanya sebagai penghalang perputaran roda perekonomian masyarakat tetapi juga mengganggu sistem pendidikan yang ada di indonesia.

Baca juga :  Biaya Kuliah Kedokteran Makin Tinggi

Merambatnya efek virus ini dalam dunia pendidikan membuat beberapa instansi pendidikan seperti kampus-kampus menerapakna kuliah daring atau kuliah online. Kuliah online menjadi pilihan di beberapa kampus yang ada di Indonesia. Sistem kuliah yang biasanya dilakukan secara tatap muka diganti dengan sistem kuliah online. Dalam melaksanakan kuliah online ini banyak jalur yang dapat diambil, seperti membuat group WhattsApp, Memakai Google Classroom, zoom cloud meeting, dan semacamnya. Sehingga hal tersebut mengharuskan mahasiswa untuk senantiasa update dan selalu online di jam sesuai jadwal kuliah. Dengan sistem ini, mahasiswa diperhadapkan dengan beberapa kendala, selain mahasiswa dituntut untuk menyiapkan kouta paket internet yang cukup besar, dikarenakan kebutuhan yang dijalani melebihi dari kebutuhan biasanya, Mahasiswa pun dituntut agar Handphone/laptop yang dipakai mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup banyak, sebab dia harus banyak menginstal aplikasi tambahan (jika dosen menginstruksikan hal seperti itu).

Baca juga :  Masa Pandemi, Kampus Ini Tawarkan Perkuliahan ‘Double Degree’ tanpa Harus ke Luar Negeri
Advertisement

Degan adanya kendala-kendala tersebut, banyak mahasiswa yang merasa sangat tersiksa dengan sistem kuliah online ini, belum lagi dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, serta dosen-dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswa tidak pada waktu yang tepat. Oleh karenanya, harusnya pihak kampus sendiri mengambil sebuah tindakan untuk membendung semua permasalahan yang terjadi. Setidaknya pihak kampus memberikan fasilitas yang dapat menggantikan terhadap kenikmatan fasilitas mahasiswa yang didapatkan pada saat perkuliahan secara langsung. Agar mahasiswa tidak mengungkit dan mempermasalahkan adanya fungsi UKT yang telah dibayar.

Selain itu, pihak universitas, fakultas, dan departemen semestinya memberikan instruksi kepada para dosen agar lebih kreatif dalam menjalankan sistem kuliah online tersebut, agar kesan yang didapat mahasiswa terhadap dosen tidak hanya memberikan beban tugas semata karena ini adalah sistem kuliah online bukan sistem tugas online. Melalui kuliah online ini, selain kreatif dosen pun seharusnya bijaksana dalam mempergunakan sistem kuliah online, memberikan materi yang tepat waktu, menjelaskan materi, tidak memberikan tugas diluar jam kuliah (terlebih diwaktu istirahat), itulah sebenarnya yang diharapakna oleh para mahasiswa bukan sekadar memberikan tugas secara bertubi-tubi apalagi diluar dari jam kuliah.

Penulis adalaha Mahasiswa Sastra Daerah Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Makassar

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com