Opini

Penanggulangan Virus Corona; Lock Down atau Stay at Home.

Henriono Minda,

Oleh : Henriono Minda,  S. Fil*

OPINI, EDUNEWS.ID-Belakang ini, dunia dihebohkan oleh Wabah Virus Corona (Covid -19), termasuk Indonesia yang terkena dampaknya, sehingga menimbulkan kecemasan Publik. Dalam situasi seperti ini, dibutuhkan solusi yang tepat dalam menanggulanginya, apakah dengan cara Lock down atau cukup dengan Stay at home….?, ataukah  dengan cara keduanya…?

Stay at home adalah salah satu cara memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) dimana telah diberlakukan saat ini. Akan tetapi,  solusi itu belum bisa memastikan dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. mengingat, tidak ada jaminan dalam rumah tersebut bebas dari Virus Corona (Covid-19). justru Sebaliknya, memungkinkan satu diantara mereka (penghuni rumah) positif Virus Corona (Covid-19).
Apa bila dalam satu rumah terdapat satu orang, beberapa hari kemudian, dia baru ketahuan Positif terinveksi Virus Corona. bisa kita bayangkan penyebaran Virus dalam rumah tersebut berpotensi menulari seluruh orang yang ada didalamnya. Jika itu terjadi, semisal kita memgambil sampel 200 Rumah yang positif terjangkit Covid-19, dimana setiap rumah terdapat 5 orang didalamnya. maka potensi orang yang terjangkit Covid-19 bisa mencapai 1000 orang. dapatkah kita bayangkan, jika kejadian itu terjadi pada 1000 – 100.000 rumah, berapa banyak orang yang menderita penyakit akibat wabah Virus Corona ..?

Baca juga :  Idealisme Dalam Sumpah Pemuda

berdasarkan penanggulangan dengan cara Stay at home, ternyata masih berpotensi terjadinya percepatan penyebaran virus corona apataklagi pemerintah Indonesia belakangan ini belum memiliki alat deteksi dan obat-obat yang memadai untuk digunakan diseluruh rumah yang terindikasi Terjangkit Virus Corona (Covid-19).

Bagaimana dengan tempat umum, seperti Terminal, Stasion, Bandara, Mall dan tempat keramaian lainnya, justru berpotensi terjadi penyebaran lebih cepat dengan jumlah orang yang lebih banyak lagi ..?
Bagaimana dengan alat transportasinya, seperti Kereta api, Bus, kapal, Pesawat dan angkutan Umum lainnya yang telah disentuh atau diduduki oleh orang yang positif Terjangkit Virus Corona (Covid-19)..?
Berapa banyak orang yang melakukan aktivitas  dengan interaksi yang padat di tempat dan alat transportasi tersebut ..?
tentu Kita tidak tahu pasti berapa jumlah yang sebenarnya. belum lagi di tempat dan alat transportasi umum tersebut belum bisa menyediakan alat deteksi Virus Corona secara maksimal. ditambah ketersediaan obat-obatan yang sesuai dengan penanggulangan Virus tersebut belum tersedia dengan baik untuk diberikan kepada Orang yang positif terjangkit Virus Corona. walhasil penanggulangan wabah Virus Corona tidak berjalan maksimal akhirnya berpotensi jatuhnya banyak korban jiwa.

Baca juga :  Kampuh Welding Indonesia Solusi Solutif Mengatasi Pengangguran Lulusan Sekolah Menengah

Sebaiknya pemerintah membuat kebijakan yang matang dan mengambil langkah yang ketat sejak dini sembari menunggu alat yang dapat mendeteksi Covid-19 dan Obat-obatan yang sesuai dengan Virus tersebut.

harusnya Pemerintah membuat pengawasan ekstra ketat dengan menyediakan alat deteksi Vorus Corona pada jalur keluar-masuk orang, baik antar daerah dan antar wilayah serta antar Negara.

Apabila pemerintah belum bisa menyediakan alat deteksi secara maksimal dan belum memiliki ketersediaan obat-obatan yang memadai. maka alangkah baiknya, pemerintah membuat kebijakan yang lebih tegas dan lebih ketat dengan melakukan Lock Down jangka pendek pada daerah atau wilayah dengan Interaksi yang padat, sembari menunggu alat deteksi Virus Corona dan ketersediaan obat-obatan yang sesuai dengan Covid-19.

Baca juga :  KPK, OTT dan KORUPSI (Dari Hukum Menuju Politik Aliran)

Pada saat Alat deteksi dan Obat-obatan Covid-19 sudah siap dan tersedia dengan baik, Sebaiknya Pemerintah mengambil langkah strategis dengan gerakkan yang cepat, memerintahkan kepada seluruh Lembaga Kesehatan agar aktif mendatangi masyarakat untuk mengetahui kondisi Individu dimana ia berada atau menetukan tempat yang telah ditentukan.
Mungkin sudah saatnya, pemerintah memerintahkan kepada seluruh Aparatur Negara, baik TNI maupun Polri, Lembaga Kesehatan serta lembaga tertentu yang mendapatkan mandat dari Pemerintah agar menjalankan Tugas dengan sebaik-baiknya berdasarkan Komando dan SOP yang telah ditetapkan.

Insha Allah, Dengan Kepemimpinan yang Tegas dan Kebijakan yang tepat serta tindakan yang cepat akan menyelamatkan banyak jiwa masyarakat Indonesia dari wabah Virus Corona (Covid-19). tidak hanya dengan itu, kesadaran dan kerja sama yang baik dari masyarakat sangat dibutuhkan demi memudahkan penanggulangan Virus Corona (Covid-19).

Dengan senatiasa memohon petunjuk dan Pertolongan Allah, Tuhan Yang Maha Esa.
Insha Allah, dengan adanya kerja sama yang baik, Kita bisa menanggulangi penyebaran Wabah Virus  Corona (Covid-19).

 

Penulis adalah Presiden Generasi Indonesia

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!