Literasi

Pendidikan Kita (Jilid II)

Riswanto MR

Oleh : Riswanto MR*

 

LITERASI, EDUNEWS.ID-Aroma angin segar sempat berhembus ketika sektor pendidikan menjadi muara atas amanat negara yang mana 20% dari anggaran belanja akan mengalir ke wadahnya.

Harapan itu kian terasa, merasuki mimpi setiap golongan, dari anak-anak hingga orang tua. Tentu itu menjadi gejala hadirnya kebahagiaan bak “juru selamat” yang menghampiri sisi penghidupan masyarakat.

Namun hingga kini, pendidikan mungkin memang dihadirkan sebagai sebuah harapan, sebentuk fatamorgana, kesenangan semu, berwujud tapi tak terlihat. Pendidikan seolah menjadi “barang mewah” yang hanya dapat dinikmati segelintir dari ratusan juta manusia di Indonesia.

Pada kenyataannya kebijakan pendidikan di Indonesia masih selalu menjerumuskan kita pada jurang kegalauan yang sama. Pembangunan Infrastruktur pendidikan masih berada dipusaran kota-kota besar saja tanpa menjangkau kaum pelosok dan pedalaman. “Setoran kuliah” perguruan tinggi yang semakin menanjak mengalahkan kobaran semangat “si pemimpi” untuk menjadi yang terdidik. Membunuh cita-cita dan tekad para penerus bangsa.

Baca juga :  Hardiknas, Tunjangan Guru di Bandung Naik

Pendidikan diciptakan untuk kesetaraan sosial dan menghilangkan interval kesenjangan. Pendidikan seharusnya hadir sebagai wacana pembebasan dari belenggu masalah kehidupan. Pendidikan harusnya melahirkan manusia-manusia handal dengan akhlak yang mulia. Pendidikan adalah “jihad pengetahuan” untuk meningkatkan derajat kemanusiaan dihadapan Tuhan.

Pendidikan adalah hak setiap warga negara, tak terkecuali dan tanpa pengecualian. Dan pemerintah harus sadar, ketika hak tak dipedulikan dan kewajiban tak dipertanggungjawabkan. Dari sana lahir gerakan perlawanan.

Dari Perbatasan Untuk Indonesia

Riswanto MR, Mahasiswa Pasca Sarjana Unhas

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com