Lowongan Kerja

Mencari Lowongan Kerja di Jakarta, ini 5 Hal Penting yang Mesti Anda Ketahui

 

EDUNEWS.ID-BISA mendapatkan pekerjaan di Jakarta bisa dibilang menjadi impian setiap perantau. Namun mencari lowongan kerja di Jakarta tentunya memerlukan perhitungan yang tepat. Banyak hal yang harus diketahui agar saat merantau, kamu sudah punya rencana yang matang dalam melamar kerja. Apa saja hal tersebut? Yuk, simak lima hal yang perlu diketahui saat mencari lowongan kerja di Jakarta!

1. Jenis Pekerjaan yang Diinginkan

Sebelum mencari lowongan kerja di Jakarta, pastikan kamu sudah tahu jenis pekerjaan yang diinginkan. Terutama, carilah jenis pekerjaan yang memang dikuasai. Familiar dengan job description akan membantu kamu menjadi lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Misalnya, jika kamu adalah fresh graduate dari jurusan IT, mungkin kamu bisa memfokuskan tujuan karier menjadi Programmer. Jika sudah yakin dengan profesi tersebut, artinya kamu siap untuk mencari lowongan kerja Jakarta.

Baca juga :  Wow, PT PP Buka Lowongan Kerja dengan Gaji Tinggi, Ini Persyaratannya

2. Sesuaikan CV dengan Posisi yang Dilamar

Saat mengirimkan CV, hindari menggunakan satu CV untuk melamar ke berbagai perusahaan dengan jenis pekerjaan yang berbeda. Buat CV menjadi lebih menarik dan fokus pada satu jenis profesi. Contohnya, jika ingin melamar untuk posisi Digital Marketing, buat CV yang menunjukkan bahwa kamu memang tertarik pada bidang tersebut.

Jangan lupa juga cantumkan skill dalam bidang yang dilamar. Biasanya dalam CV juga bisa mencantumkan link portofolio atau profil LinkedIn. Hal itu akan membantu rekruter membaca karakteristik dan apa saja skill yang dimiliki.

3. Ketahui Kultur Perusahaan yang Dilamar

Saat mencari lowongan kerja Jakarta, ada baiknya kamu juga melakukan riset untuk mengetahui kultur perusahaan yang akan dilamar. Mengapa hal ini penting? Mengutip dari The Balance Career, saat mencari kerja, calon kandidat ingin bekerja di tempat yang sesuai dengan pribadi mereka.

Baca juga :  Pemerintah Optimis 2018 Penciptaan Lapangan Kerja Capai 2 Juta

Karena jika bekerja di perusahaan yang kulturnya tidak sesuai, nantinya hal tersebut dapat menghalangi produktivitas kamu. Nah, bagaimana cara mengetahui kultur perusahaan? Kamu bisa bertanya pada karyawan yang bekerja di sana. Bisa juga pada saat tahap wawancara, pergunakan waktu bertanya untuk menggali bagaimana kultur di sana.

4. Ubah Diri Menjadi Lebih Profesional

Saat mencari lowongan kerja Jakarta, ada baiknya kamu mengubah pribadi menjadi lebih profesional. Terlebih jika kamu fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja jangka panjang. Hal ini diperlukan agar rekruter dapat memberi nilai lebih untuk sikap profesional kamu.

Bagaimana caranya? Sikap profesional dapat diperlihatkan di dalam CV maupun cover letter. Misalnya saja dengan tidak mencantumkan hal-hal yang tidak penting dan fokus dalam menjelaskan mengapa kamu pas untuk pekerjaan tersebut. Itu akan membuat kesan yang bagus saat mereka membaca CV kamu.

Baca juga :  Kemenkes Kembali Buka Seleksi Tenaga Kesehatan Program Nusantara Sehat

Sikap profesional juga bisa kamu tunjukkan saat berada di tahap wawancara. Misalnya saja dengan bersikap proaktif saat diberi kesempatan untuk bertanya.

5. Cari Lowongan Kerja Jakarta di Situs Online

Hal yang terakhir yang perlu kamu ketahui adalah dalam mencari lowongan kerja Jakarta sekarang dapat dilakukan online. Kamu tidak perlu lagi repot mengirim lamaran kerja melalui surat. Dengan membuka situs pencarian kerja yang tepat, kamu sudah bisa menemukan lowongan kerja impian.

Sumber : okezone

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!