Nasional

1 Oktober, PB HMI Aksi Besar-Besaran di DPR Tolak Revisi UU KPK

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (MPO) akan melakukan aksi unjuk rasa damai terkait penolakan terhadap revisi UU nomor 30 tahun 2002 terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 1 Oktober 2019 mendatang di kantor DPR RI, Senayan.

Ketua Umum Pengurus Besar HMI, Zuhad Aji Firmantoro mengungkapkan, aksi yang dilakukan oleh PB HMI dengan melibatkan kader HMI yang ada di Jakarta dan sekitarnya adalah untuk kembali menyuarakan aspirasi publik sekaitan dengan penolakan terhadap penetapan revisi UU nomor 30 tahun 2002 yang telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu yang lalu.

“Sesuai harapan publik, HMI menuntut kepada presiden Jokowi untuk segera mengeluarkan Perppu, mengembalikan UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK,” tutur Aji di Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

Baca juga :  7 Tahun Alami Kevakuman, HMI Jepara Kembali Dilantik

Alumni magister Hukum UII ini menuturkan, selain itu, aksi yang akan dilakukan di kantor DPR/MPR RI di Senayan ini juga untuk meminta DPR mendukung dikeluarkannya Perppu tersebut.

“Apalagi kita telah melihat bersama, aksi yang dilakukan oleh sejumlah eleman mahasiswa dan masyarakat yang menolak revisi UU KPK ini telah menelan korban nyawa 2 mahasiswa. Kita berharap Presiden segera merespon persoalan ini sebelum terlambat,” katanya.

Menyangkut kematian 2 mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO) kendari dalam aksi yang menolak berbagai kebijakan Pemerintah dan DPR salah satunya terkait revisi UU KPK pada Kamis 26 September, PB HMI juga mendesak kepada kepolisian untuk bertanggung jawab.

“Menuntut kepada Polri untuk mengusut tuntas pelaku pembunuhan 2 mahasiswa UHO dan pelaku tindak represif lainnya terhadap mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi,” tegas Aji.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!