News

ABS juga Penting untuk Pengguna Kendaraan

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – ABS juga dikenal di dunia otomotif. Bukan ‘asal bapak senang’ seperti yang dikatakan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dalam debat semalam, ABS di dunia otomotif dibutuhkan sebagai fitur safety sebuah kendaraan.

ABS di dunia otomotif adalah Anti-lock Braking System. ABS berfungsi membuat rem tidak terkunci ketika pengendara melakukan pengereman keras sehingga kendaraan tetap bisa diarahkan untuk menghindari objek tertentu.

Kendaraan tanpa ABS jika dilakukan pengereman keras (hard braking) sering kali menimbulkan risiko roda terkunci. Karena roda terkunci, ban biasanya slide sehingga roda sulit dikendalikan. Risikonya, kendaraan yang sulit dikendalikan tidak bisa menghindari objek di depan sehingga bisa terjadi tabrakan.

Baca juga :  UU KPK Berlaku 17 Oktober, Mahasiswa Bakal Gelar Aksi Besar-besaran

Dengan adanya ABS sehingga roda tidak terkunci karena pengereman keras, kendaraan bisa diarahkan ke kiri atau ke kanan untuk menghindari objek di depan. Kalau tanpa ABS, saat roda terkunci meski setang maupun setir diarahkan ke kiri dan ke kanan untuk menghindari objek, kendaraan cenderung tidak merespons lantaran ban kendaraan ‘ndlosor’.

Dikutip dari laman It Still Run, ABS hadir pertama kali pada 1920-an. Saat itu, para insinyur pertama kali menerapkan ABS di pesawat.

Fungsi ABS di pesawat sama persis seperti ABS di mobil dan motor saat ini. ABS bertugas mencegah roda terkunci ketika pesawat direm sesaat setelah mendarat.

ABS tetap menjadi fitur penting di pesawat sampai 1950-an. Sistem itu kemudian juga diterapkan di sepeda motor. Sebab, sepeda motor memiliki risiko tergelincir dan kehilangan traksi sehingga harus mengadopsi fitur tersebut.

Baca juga :  DPR : Insiden Sandera Mako Brimob Sulit Diterima Logika

Pada 1960-an, produsen mobil mulai bereksperimen dengan ABS untuk mobil penumpang. Prototipe mobil Ford Zodiac dilengkapi dengan ABS untuk pertama kali di mobil. Namun, karena ABS saat itu masih mahal, maka sebagian besar pabrikan tidak mau menggunakan perangkat itu.

Pada 1970-an, Cadillac menawarkan ABS sebagai opsi premium pada beberapa mobil berpenggerak roda belakang. Namun saat itu ABS belum menjadi fitur umum untuk mobil-mobil massal. Sejak tahun ’70-an, penambahan sensor yang dikendalikan komputer, dan penekanan umum pada keamanan mobil telah menyebabkan evolusi yang cepat dari efektivitas dan popularitas ABS.

Hingga kini, ABS sudah umum digunakan di kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. ABS sangat berfungsi mencegah roda kendaraan mengunci saat pengereman keras sehingga kendaraan masih bisa dikendalikan.

Baca juga :  Jokowi Nikmati Senja di Kaimana Papua Bersama Ibu Iriana

dtk

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!