Nasional

Akademisi Sebut Peluang Demokrat Masuk Koalisi 01 Tergantung Megawati

KUPANG, EDUNEWS.ID – Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Ahmad Atang, MSi mengatakan, peluang Partai Demokrat untuk bergabung dalam koalisi 01 sangat tergantung pada restu Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan yang merupakan partai pengusung utama paslon 01.

“Menurut saya, peluang Demokrat untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja, sangat tergantung pada restu Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan yang merupakan partai pengusung utama Jokowi,” tutur Ahmad Atang kepada Antara di Kupang, Jumat.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan hubungan Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah lama terputus komunikasi politik, dan peluang Partai Demokrat untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja.

Baca juga :  Namanya Tercatat PKH, Warga di Bantaeng Ini Akui Tak Pernah Terima

Menurut dia, kunjungan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, bisa jadi merupakan bagian dari bentuk untuk mempertegas posisi Demokrat pascapilpres yang mendukung dan mengakui pemenang Pilpres adalah 01.

Karena itu, Demokrat menyadari bahwa untuk bergabung ke koalisi 01 sangat tergantung pada restu Megawati sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan yang merupakan partai pengusung Jokowi.

Tanpa restu dari Megawati, maka peluang Demokrat bergabung menjadi kecil, sehingga sowan ke Megawati secara politik menimbulkan spekulasi publik bahwa Demokrat sedang meminta restu untuk bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja, ujarnya.

Ahmad Atang menambahkan, secara de facto moral politik dan semangat Partai Demokrat terlihat dipermukaan sudah menurun untuk memberi dukungan kepada paslon 02.

Baca juga :  Bertemu Dedi Mulyadi, Petani di Bekasi Keluhkan Sistem Ijon

Tetapi secara de jure, harus dipahami bahwa Demokrat masih sebagai bagian dari koalisi adil makmur hingga KPU menetapkan pemenang pilpres setelah keputusan inkrah.

Karena itu, sebagai partai politik, mestinya Demokrat lebih mengedepankan komintmen politik dalam berjuang hingga akhir, dan tidak harus meninggalkan teman yang sedang dirundung prahara politik pilpres, kata Ahmad Atang.

ant

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com