News

Aspeksindo Usulkan Tema Maritim Masuk Materi Debat Capres

Direktur Eksekutif ASPEKSINDO, Andi Fajar Asti

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Asosiasi pemerintah daerah kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menyayangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memasukkan Topik Maritim sebagai materi debat calon presiden (capres).

Direktur Eksekutif Aspeksindo, Andi Fajar Asti mengungkapkan,  tema maritim adalah materi yang paling strategis untuk membangun negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

”Karena negara kita adalah negara bahari dimana 2/3 wilayah terdiri atas laut,” katanya dalam keterangannya ke edunewsi.id, Sabtu (12/1/2019).

Menurut ia, perlu diluruskan makna indonesia sebagai arcipelagic state.

“Bahwa indonesia sebagai arcipelago state itu punya makna yang berbeda secara fundamental dengan indonesia sebagai negara kepulauan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, jika negara kepulauan diartikan sebagai konsep kumpulan pulau, sedangkan archipelago state berarti negara dengan laut utama. Jadi indonesia bukan kumpulan pulau melainkan wilayah laut dengan sekumpulan pulau.

Baca,   KPU Coret Nama OSO dari Daftar Caleg DPD RI

“Nah, konsep inilah yang kita inginkan ada elaborasi program dari para capres,” katanya.

Selain itu, pandangan dan konsep maritim lebih banyak melihat dari perspektif ekonomi saja. Padahal potensi maritim indonesia bisa menjadi penyedia pangan laut terbaik dunia. Sehingga secara global, indonesia bisa menjadi poros pangan bukan malah hanya menjadi konsumen pangan laut.

Selanjutnya, berbicara tentang kesejahteraan dan Index pembangunan Manusia (IPM), daerah kepulauan dan pesisir terutama di kawasan timur menjadi sempurna tertinggal dari kawasan barat. Tentu ini bertentangan dengan konsep pancasila dan falsafah bangsa yaitu keadilan sosial yang faktanya tidak merata bagi seluruh rakyat indonesia.

“Dengan demikian, ASPEKSINDO merekomendasikan tema maritim masuk sebagai grand tema debat capres. Ini untuk menjaga komitmen capres membangun indonesia dengan perspektif bahari dan membangun indonesia dari pinggiran,” pungkasnya.

Baca,   Resepsi Kahiyang-Bobby Makin Meriah

Andi Fajar Asti

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!