News

Bantu Sopir Terdampak Covid 19, TurunTangan Galang Gerakan #THRuntukSopir

Gambar : Ilustrasi bus angkutan

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Banyak pihak kini kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat Covid 19 yang mewabah sejak Maret lalu. Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kini diterapkan juga berdampak secara ekonomi kepada mereka yang menggantungkan aktifitasnya sebagai sopir angkutan, seperti yang melanda para sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang kini banyak yang ‘meradang’ akibat pelarangan aktifitas angkutan penumpang yang ingin mudik atau pulang kampung ke daerahnya.

Kondisi inilah, yang mengundang perhatian dari relawan TurunTangan, sebuah gerakan yang fokus pada sosial kemanusiaan, terutama saat pandemi Covid 19 mewabah, untuk menggalang gerakan #THRuntukSopir.

Relawan TurunTangan, Riska, menuturkan, alasan Gerakan TurunTangan membuat program ini didasari oleh keinginan untuk membantu para sopir angkutan yang sepi dan bahkan ada yang kosong penumpang karena diberlakukannya PSBB.

Baca juga :  TurunTangan Salurkan Bantuan APD, Masker dan Sarung Tangan ke Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid 19 di Karawang

“Hal ini mengakibatkan mereka kehilangan pendapatan sehari – harinya,” kata Riska, beberapa waktu yang lalu.

Apalagi, kata Riska, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, momen ramadan adalah saat-saat dimana para sopir mendapatkan keuntungan yang lebih karena ramainya penumpang yang ingin pulang kampung atau sekadar mudik.

“Ditambah lagi dengan momen ramadan dan menjelang hari raya, para supir harus berfikir lebih untuk mencukupi kebutuhan keluarganya,” kata Riska.

Maka dari itu, lanjut Riska, Youthizen indonesia beserta TurunTangan membuat program #THRuntukSopir untuk meringankan beban mereka, dan membantunya menghadapi masa pandemi ini.

“Harapannya adalah, kami dan masyarakat dapat turut andil meringankan beban para supir. Keluarga sopir pun merasa terbantu dengan bantuan yang dikumpulkan oleh masyarakat. Sehingga, sopir – sopir itu ikut bisa menjalankan puasa dan lebaran,” harapnya.

Baca juga :  Di Masa Pandemi, TurunTangan Palu Berbagi Kebaikan dengan Panti Asuhan

Riska melanjutkan, masih banyak di luar sana yang memiliki masalah serupa atau bahkan berbeda. Dengan adanya program ini, dirinya mengajak kepada semua pihak bersama-sama membangun kepekaan terhadap sekitar atas problema sosial yang terjadi di sekitar.

“Ketika kita bahu membahu untuk memecahkan suatu masalah, pasti kita bisa menyelesaikannya. Kita manusia, mereka manusia, yang harus kita bantu, karena mereka adalah bagian dari masyarakat, karena kita adalah bagian dari masyarakat, dan masyarakat bahkan kita semua adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan,” pungkas Riska.

Untuk bantuan donasi bisa melalui BRI 0339-0100-1497-564 a.n Yayasan TurunTangan, Mandiri 124-000-620-4706 a.n Yayasan Pelita Ilmu, Narahubung 0895-3841-18541 (riska)

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com