News

Belajar Cara Memainkan Gitar Akustik Sendiri

JAKARTA, EDUNEWS.ID-

Advertisement
Jika Anda sedang mencari hobi baru agar waktu luang Anda di rumah tidak membosankan, Anda perlu mencoba belajar memainkan gitar akustik. Mengapa? Alat musik gitar akustik harganya cukup terjangkau, dapat dibawa kemana-mana, dan bisa memainkan gitar tentu akan membuat kita terlihat lebih keren di depan teman-teman. Lihat artikel ini untuk beberapa rekomendasi gitar akustik.

Memainkan gitar akustik memang memerlukan teknik tersendiri yang perlu kita pelajari. Anda dapat mengikuti les musik untuk mempelajarinya. Namun, les musik pun perlu biaya. Padahal untuk membeli gitarnya saja mungkin kita harus menabung dulu. Sayang juga ‘kan harus mengeluarkan uang lagi untuk belajar main gitar.

Tenang saja, belajar bermain gitar akustik bisa Anda lakukan sendiri, kok. Selain lebih hemat, waktu dan kecepatan belajar Anda dalam memainkan gitar juga lebih fleksibel. Yuk kita simak bagaimana caranya belajar memainkan gitar akustik sendiri di rumah.

  1.     Menyetem senar gitar

Menyetem senar gitar atau tuning adalah langkah penting sebelum bermain gitar akustik. Tanpa stem atau tuning, nada yang dihasilkan gitar Anda bisa jadi tidak pas. Namun menyetem senar gitar mungkin sulit dilakukan jika Anda belum terbiasa bermain gitar. Jika Anda membeli gitar akustik di toko alat musik, mintalah pegawai toko untuk menyetem gitar Anda terlebih dahulu. Atau jika Anda membelinya secara online, mintalah bantuan teman yang sudah jago main gitar. Atau Anda dapat mencoba tuning gitar sendiri dengan bantuan tuning app di smartphone.

  1.     Kenali senar gitar

Mengenali senar gitar adalah penting untuk langkah selanjutnya dalam mempelajari cara bermain gitar. Gitar memiliki 6 senar dengan ketebalan yang berbeda dan menghasilkan nada yang berbeda pula. Urutan senar gitar dari atas ke bawah adalah E, A, D, G, B, dan E’.

  1.     Mempelajari kunci dasar gitar

Langkah selanjutnya adalah Anda harus mempelajari kunci dasar gitar akustik. Namun sebelumnya pastikan dulu Anda telah memegang gitar dengan benar. Caranya, posisikan badanmu senyaman mungkin dan pegang leher gitar dengan tangan kiri. Posisikan ibu jari di belakang leher gitar dan 4 jari lain di depan leher gitar.

Kemudian carilah referensi kunci dasar gitar yang dapat Anda dapatkan dengan mudah di Internet. Kunci dasar yang perlu Anda pelajari diantaranya kunci C, D, E, F, G, A, Dm, Em, dan Am. Masing-masing kunci dasar memerlukan posisi tertentu dari jari-jari tangan kiri kita pada leher gitar. Titik-titik yang ditunjukkan pada referensi kunci dasar adalah posisi jari tangan kiri pada dawai.

Perhatikan juga cara tangan kanan Anda memetik senar gitar akustik.

  1.     Coba mainkan lagu favorit Anda

Mempelajari kunci dasar gitar akustik memang mungkin akan sulit pada awalnya. Namun dengan terus latihan lama-lama Anda akan terbiasa memainkannya. Saat Anda telah menguasai kunci dasar gitar, cobalah praktekkan dengan mencoba memainkan lagu favorit Anda. Carilah referensi kunci lagu favorit Anda di Internet, dan mulailah mencoba memainkan lagu tersebut sesuai dengan referensi kunci gitar. Untuk pertama kali, cobalah lagu yang mudah dan pendek terlebih dahulu dan pastikan Anda dapat memainkannya dengan baik dan benar sebelum mencoba lagu lain yang lebih sulit.

  1.     Berlatihlah dengan teratur setiap hari

Belajar gitar akustik sendiri memang bukanlah hal yang mudah. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit dan dapat membuat Anda putus asa. Belum lagi tangan Anda mungkin akan terasa pegal memegang gitar atau kulit pada ujung jari perih dan menebal karena senar gitar. Namun hal ini jangan sampai membuat Anda menyerah. Justru dengan latihan teratur, Anda akan semakin terbiasa dan kendala ini tidak lagi terasa mengganggu.

Biasakan disiplin untuk berlatih gitar dari awal. Jadwalkan waktu tertentu setiap hari untuk Anda belajar bermain gitar, dan disiplin mengikuti jadwal tersebut. Dengan berlatih secara teratur setiap hari, kemampuan Anda dalam bermain gitar akustik pun akan semakin terasah.

 Jadi, belajar sendiri memainkan gitar akustik memang dapat dilakukan. Bagi Anda yang masih pemula bermain gitar akustik, hobi baru ini mungkin akan terasa menantang pada awalnya. Namun dengan terus mencoba dan berlatih secara teratur, Anda akan semakin menguasai tekniknya dan menikmati bermain gitar akustik.

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com