Nasional

Berikut Mitos dan Fakta Minum Air Putih

EDUNEWS.ID – Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola dan mengkonsumsi sumber air bersih.

Ada beberapa mitos atau fakta seputar air putih yang kita minum. Sebagai bentuk edukasi di hari baik ini, berikut adalah empat diantaranya seperti dilansir dari situs Everyday Health dan NPR.

Mitos 1: Minum air putih bisa membersihkan racun
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pernyataan bahwa mengkonsumsi air putih bisa membersihkan racun di dalam tubuh.

Faktanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab tempat membersihkan racun itu terdapat pada organ ginjal. Memang mengkonsumsi air putih bisa membantu kerja ginjal dalam membuang racun. Tapi hal ini percuma saja jika kita menunda buang air kecil. Sebab tubuh akan menahan racun daripada mengeluarkannya.

“Jadi untuk mendapatkan hasil sempurna, bukan mengkonsumsi air putih saja yang diperhatikan, tapi didukung dengan mengeluarkannya lewat air seni secara teratur,” tutur dokter dari University of Chicago Kovler Amy Hess-Fischl.

Mitos 2: Minuman kemasan sebabkan kerusakan gigi
Banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi minuman kemasan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Ini dikarenakan tidak adanya kandungan fluoride pada minuman kemasan, yang padahal berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi.

“Fluoride memang elemen penting dalam mineralisasi tulang dan gigi. Tapi kerusakan gigi lebih cepat dan permanen jika didukung dengan sikap tidak baik seperti membuka tutup botol lewat gigi dan mengkonsumsi makanan terlalu manis,” tutur penulis The African American Guide To Living Well With Diabetes dan seorang ahli gizi bersertifikat di New York City Constance Brown-Riggs.

Mitos 3: Konsumsi air setiap orang harus 8 gelas sehari
Perintah yang satu ini tentu masih sering digaungkan kepada orang-orang di sekitar dan diri sendiri. Sebenarnya konsumsi air setiap orang itu berbeda, tergantung jenis kelamin, usia dan aktivitas mereka. Namun idealnya, Institute of Medicine menyebutkan bahwa wanita membutuhkan sekitar dua liter atau delapan gelas sehari dan pria sekitar tiga liter atau 12 gelas sehari cairan apa pun, bukan hanya air.

Baca Juga :   Usut Dana Hibah, Kejari Makassar Periksa 4 Petinggi KONI Makassar

“Tidak ada yang mengetahui dari mana ‘delapan gelas air’ ini berasal. Tapi saya percaya itu berasal dari rekomendasi harian lama yang mencocokkan kebutuhan air dengan kebutuhan kalori,” ucap direktur Program Nutrisi dan Diet di Universitas New Haven, Georgia Chavent.

Mitos 4: Minum air putih bisa jaga kelembaban kulit
Sesuai dengan fungsinya, air pun dipercaya ampuh untuk menjaga kelembaban kulit. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab Hess-Fischl mengatakan bahwa ini hanya terjadi pada orang dengan dehidrasi parah sehingga minum air bisa mencegah kulit kering.

Namun dalam menjaga kelembaban kulit, air bukanlah satu-satunya faktor penentu. Adapun faktor lain seperti cara pembersihan kulit, suasana lingkungan hingga jumlah kelenjar minyak. “Lagipula air yang dikonsumsi secara internal tidak akan langsung mencapai epidermis (lapisan atas kulit),” ujarnya.

 

 

tmp

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com