Nasional

Bocorkan 4 Lokasi yang Disiapkan Jadi Ibu Kota, Jokowi: Semuanya Akan Dicek

PALANGKARAYA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan empat titik di Kalimantan Tengah yang akan ditinjau sebagai calon lokasi ibu kota baru pemerintahan RI.

Keempat lokasi yang akan dikunjungi pada Rabu (8/5/2019) besok berada di Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kota Palangkaraya.

Presiden menyebutkan, peninjauan akan dilakukan via jalur udara dan darat.

“Besok mau diantar oleh Pak Gubernur Kalteng untuk melihat lokasi dari atas dan dari darat,” papar Presiden usai menjalankan shalat tarawih di Masjid Darul Arqam, Selasa (7/5/2019).

Presiden menyebutkan, peninjauan lapangan ini akan melengkapi kajian yang telah dilakukan oleh Bappenas mengenai calon ibu kota baru.

Baca juga :  Mobil Carry Suzuki Jungkir Terbalik 50 Meter Dari Kantor Bupati Bantaeng

Sejumlah aspek yang dikaji, ujar Jokowi, antara lain adalah sosiologi, lingkungan, kebencanaan, sosial politik, ketersediaan air bersih, hingga kondisi tanah gambut yang berpengaruh pada konstruksi bangunan.

Advertisement

“Semuanya akan dicek dilihat dikalkulasi oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya. Kemudian biar ada feeling begitu, nanti dalam memutuskan biar tidak salah,” papar Presiden.

Sebelum mendatangi Kaltim, Jokowi telah lebih dulu meninjau salah satu calon lokasi ibu kota baru di Bukit Soeharto, Kalimantan Timur. Jokowi menyebut lokasi itu memiliki keunggulan dari segi kesiapan infrastruktur karena diapit dua kota besar yakni Balikpapan dan Samarinda.

Apalagi, tak lama lagi jalur tol yang menghubungkan kedua kota tersebut segera tersambung.

“Tapi kan bukan hanya itu saja. Banyak aspek yang lain yang harus dihitung dan dikalkulasi,” katanya. N Sapto Andika Cand
Sent from Gmail Mobile.

ant

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com