News

Cegah Siswa Merokok, ini Cara Pemda Gresik Mengatasinya

ILUSTRASI

GRESIK, EDUNEWS.ID – Upaya menciptakan lingkungan hidup sehat, Camat Gresik Nurul Puspita Wardani membuat kawasan sekolah sebagai kawasan tanpa rokok (KTR).

“Kita selalu sosialisasi tentang bahaya merokok dan narkoba bagi masnusia. Khususnya kepada anak-anak sekolah,” katanya, Sabtu (4/2/2017).

Hal itu dipraktikan ketika perayaan natal dan tahun baru 2017, anak-anak yang terlibat dalam forum anak, selalu dikenalkan dengan slogan UKS. Bahkan anak-anak sekolah dasar juga diajarkan tentang bahaya narkoba dan rokok. Hal itu terlihat ketika kunjungan di ‘sekolah dasar ada siswa yang hafal yel-yel usaha kesehatan sekolah (UKS).

“Sehat dimulai dari saya. Narkoba, No. Rokok, No. Prestasi, Oke. UKS, Yes-yes-yes. Gresik, bisa lebih baik,” kata Nurul.

Baca juga :  Tingkat Polusi Udara yang Tinggi Turunkan Kebahagiaan Masyarakat Cina

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik. Dinkes melakukan sosialisasi tentang adanya peraturan daerah (Perda) Kabupaten Gresik Nomor 5 Tahun 2015 tentang KTR. Sosialisasi dilakukan ke sekolah-sekolah, pasar tradisional, tempat ibadah dan angkutan umum. Sebab, rencananya, Perda Kabupaten Gresik tentang KTR ini akan diberlakukan pada Juni 2017.

“Kami melakukan penyuluhan bahaya merokok kepada siswa, agar anak-anak tidak terkena bahaya merokok,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Gresik dr M Nurul Dholam.

Bahkan, Dinkes juga akan mengevaluasi jika ada produk rokok yang sengaja menempelkan banner di sekitar lingkungan sekolah.
Termasuk di warung kopi dan pedagang pracangan yang dipasangi banner produk rokok.

Baca juga :  Breaking News! KM Zahro Express Terbakar, Manifest Penumpang Belum Diketahui

“Jika ada produk rokok yang dipamerkan di sekitar sekolah, nanti kita koreksi. Sebab, ya tidak boleh,” imbuhnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com