News

di Hadapan Santri, Ma’ruf Amin Sebut Peran Santri zaman Old untuk NKRI

KH Maruf Amin dan Jokowi

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin mengimbau kepada santri zaman sekarang untuk meneladani santri zaman dulu yang memiliki peran penting untuk kemerdekaan Indonesia. Hal ini disampaikan Kiai Ma’ruf saat memberikan tausiyah pada istighatsah kubro dalam rangka Hari Santri di Gedung PBNU, Jakarta, Rabu (31/10) malam.

“Santri zaman old berhasil menyelamatkan NKRI. Bagaimana dengan santri zaman now? Dia harus mengikuti perjuangan para santri masa lalu yang telah berkiprah dengan penuh keberanian yang luar biasa,” ujar Kiai Ma’ruf.

Alumni Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang ini menuturkan, santri zaman dulu mampu memberikan kontribusi dengan fatwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan Syekh Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. “Beliau lah yang menentukan nasib NKRI. Beliaulah yang mengeluarkan fatwa jihad bahwa melawan penjajah hukumnya fardhu ain,” ucap Kiai Ma’ruf.

Baca juga :  Ridwan Kamil Nilai Orang yang Malas Membaca Mudah Terpapar Hoaks

Menurut dia, saat itu penjajah datang lagi ke Indonesia. Suasana mencekam, sedangkan tentara Indonesia masih belum terkonsolidasi dengan baik. Namun, karena ada resolusi jihad itu akhirnya mampu membakar semangat masyarakat Surabaya dan sekitarnya dalam perang 10 November, sehingga penjajah pun berhasil diusir dari bumi NKRI.

“Andai saja tidak ada peristiwa 22 Oktober, masih belum tentu NKRI berlanjut atau tidak. Ini kita syukuri. Ini peran liai dan santri zaman old. Bagaimana peran santri millenial, santri zaman now?” kata Kiai Ma’ruf.

Dia mengatakan, santri zaman now tentunya akan menghadapi tantangan yang berbeda dan akan dihadapkan dengan berbagai masalah. Karena itu, menurut dia, selain harus bisa membaca Alquran dan kitab kuning, santri zaman now juga harus bisa membaca tantangan zaman, serta harus bisa membaca situasi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya.

Baca juga :  Sodik Mudjahid : KH Ma'ruf Amien Baiknya Mundur dari Posisi Ketua MUI

“Karena itu, santri zaman now harus melengkapi diri dengan ilmu-ilmi yang cukup,” jelas Ketua Umum MUI ini.

 

Sumber : Republika

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!