Nasional

Din Syamsuddin Duga Ada Pihak Danai Kelompok Penentang KAMI

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Din Syamsudin

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsudin menduga ada pihak-pihak yang mendanai kelompok-kelompok yang selama ini menentang KAMI. Hal itu ia sampaikan untuk menanggapi penolakan kelompok Surabaya Adalah Kita terhadap acara KAMI di Surabaya pada Senin (28/9/2020) kemarin.

Din menjelaskan, penolakan seharusnya tak terjadi jika kelompok itu memahami jati diri KAMI. KAMI berjuang untuk meluruskan kiblat bangsa dan menegakkan Pancasila secara sejati.

Maka, kata dia, ketika tetap ada kelompok yang menolak KAMI berarti mereka salah paham tentang KAMI. Tapi, ia juga menduga kelompok itu adalah hasil rekayasa dan didanai.

“Bahwa kemungkinan ada pihak yang merekayasa dan mendanai kelompok penentang KAMI (seperti, kasus bocornya proposal mahasiswa di Surabaya), KAMI tidak ingin menghabiskan waktu untuk menanggapinya,” ucap Din dalam dalam keterangan tertulisnya yang dikirimkan kepada Republika, Selasa (29/9/2020).

Din menyebut, KAMI beserta seluruh jejaringnya memilih untuk memaafkan mereka yang sinis dan benci terhadap KAMI. “Namun yang pasti jika ada pihak lain yg melampaui batas dan melanggar hukum, KAMI tidak segan-segan untuk memprosesnya ke jalur hukum, demi tegaknya negara hukum,” kata mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu.

Sebelumnya, acara Silaturahim Akbar Kami yang hendak digelar di Gedung Juang 45, Surabaya, pada Senin (28/9/2020), batal digelar. Sebab, ratusan massa yang mengatasnamakan ‘Surabaya Adalah Kita’ berkumpul di sana menolak kegiatan tersebut. Acara lalu diganti menjadi kegiatan ramah tamah di Gedung Jabal Nur, Jambangan Surabaya, pada hari yang sama.

Dalam acara ramah tamah tersebut, Presidium KAMI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo diminta menyampaikan pidato. Namun, saat eks Panglima TNI itu berpidato, polisi masuk ke dalam gedung dan meminta pidatonya dihentikan. Polisi itu juga meminta acara disudahi karena massa ‘Surabaya Adalah Kita’ sudah berada di luar gedung Jabal Nur.

Baca Juga :   Komisi I DPR Dorong Perpres Publisher Rights Jadi Undang-Undang

Kabid Humas Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pembubaran acara tersebut karena tidak berizin. Selain itu, kata dia, acara dihentikan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Saat Deklarasi KAMI di Kota Bandung pada Senin (7/9/2020), penolakan serupa juga terjadi. Ratusan massa yang menamakan diri Aliansi Kita Indonesia menggelar unjuk rasa di depan Gedung Sate, Kota Bandung.

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com