News

Disebut Pro Tiongkok, Survei : 28 persen Masyarakat tak Puas dengan Jokowi

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Survei Indo Barometer membeberkan masih banyak masyarakat yang belum‎ puas dengan kinerja dan kebijakan pemerintahan Joko Widodo. Hasil pertanyaan kepada 1.200 responden, 12,4 persen menganggap penganguran di pemerintahaan Jokowi masih banyak.

Di samping itu, pembangunan juga belum merata. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menjelaskan sejumlah faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan publik terhadap Jokowi diantaranya terlalu banyak pencitraan dan terlalu pro terhadap Tiongkok.

Bahkan dalam hasil survei penegakan hukum di pemerintahan Jokowi juga belum berjalan dengan baik. Untuk tingkat kepuasan ini Jokowi mendulang angka sebesar 67,2 persen. Sedangkan yang tidak puas sebesar 28,5 persen.

“Jokowi kurang berwibawa, juga mejadi faktor, indikator lain seperti biaya listrik mahal dan biaya kesehatan mahal juga menjadi perhatian masyarakat,” ujar Qoudari, saat membacakan hasil survei di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Ahad (3/12/2017).

Baca juga :  Istana Sebut Jokowi Tak Intervensi Kasus Penghinaan Iriana

Di sisi lain, jika Jokowi mencalonkan diri pada Pilpres 2019, berdasarkan pertanyaan terbuka dalam survei dengan sampel sebanyak 1.200 responden, Jokowi meraih 34,9 persen, menyusul Prabowo Subianto 12,1 persen, Anies Baswedan 3,6 persen, Basuki Tjahaja Purnama 3,3 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen, Ridwan Kamil 2,8 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,5 persen.

Advertisement

Sementara untuk pilihan calon presiden dengan pertanyaan tertutup dan menempatkan enam nama Joko Widodo meraih 44,9 peraen, Prabowo Subianto 13,8 persen, Anies Baswedan 6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,5 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen dan Jusuf Kalla 1 persen. Sedangkan sisanya tidak memilih.

“Suara Jokowi hingga saat ini hanya sekitar 30 persen. Angka yang masih berpotensi disalip oleh sejumlah pesaingnya,” ujar Qodari.

Survei Indo Barometer dilaksanakan pada 15-23 November 2017 di 34 provinsi di Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com