EDUNEWS

DPP IMM Minta Polisi Usut Tuntas Pelaku Pemukulan Aktivis HMI

Jakarta, EDUNEWS.id –– Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) mengecam tindakan represif kepolisian terhadap beberapa aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) yang menggelar aksi peringatan 20 tahun reformasi beberapa waktu lalu.

Ketua Bidang Hikmah DPP IMM, Muh Sholihin S menyampaikan, peristiwa yang dialami oleh aktivis HMI yang mendapatkan pukulan dari pihak kepolisian merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan.

“DPP IMM mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas tindakan represif yang dilakukan oleh oknum aparat kepolisian. Tindakan demonstrasi adalah tindakan yang dilindungi oleh Undang-undang sebagai salah satu bentuk kebebasan berpendapa,” tegasnya kepada Edunews, Rabu (24/5/2018).

Menurutnya, jika kasus ini tetap dibiarkan tanpa adanya pengusutan, maka akan memperpanjang catatan raport merah aparat kepolisian.

Baca juga :  Dirut Pertamina Nicke Widyawati Kembali Dipanggil KPK

Menurut Sholihin, aksi yang dilakukan oleh HMI merupakan bagian dari usaha pengawasan dan kontrol atas kebijakan yang dirasa tidak mengarah pada kebijakan yang berkeadilan.

“Isu yang dibawa dalam aksi tersebut semestinya menjadi bahan evaluasi bagi pemerintahan Jokowi-JK untuk berbenah. Stabilitas ekonomi, anjloknya rupiah, utang negara, impor beras dan garam adalah sederet masalah yang harus segera diatasi,” lanjutnya.

Ia pun mendukung Kepolisian RI untuk memberantas tindakan anarkis yang kerap kali dilakukan oleh oknum aparat kepolisian yang tidak beradab. Lanjutnya, Protap Kapolri Nomor 1 Tahun 2010 sudah semestinya dijadikan rujukan bagi seluruh aparat kepolisian dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Beberapa bukti video yang beredar sudah cukup untuk dijadikan alat bukti dalam mengusut kasus kekerasan terhadap beberapa mahasiswa yang melakukan aksi di depan Istana Negara,” katanya.

Baca juga :  Baru Menjabat, Menteri Pendidikan Beri Penghargaan Untuk Orangtua Musa Hafidz Cilik

Abe

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com