News

Dubes AS Ajukan Permohonan Maaf Berkali-kali soal Penolakan Terhadap Panglima TNI

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan, akhirnya menemui Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (16/10/2017).

Joseph sengaja datang untuk menjelaskan tentang insiden penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke AS. Joseph datang ke Kantor Kemlu pada pagi hari pukul 08.30 WIB. Ini merupakan kali pertama Joseph bertemu Menlu Retno karena sebelumnya dia tidak berada di Jakarta.

“Teman-teman, pagi tadi saya menerima Duta Besar Amerika Serikat yang baru mendarat di Jakarta kemarin sore, dan kembali kita membahas isu yang terkait tentang Panglima,” kata Retno di kantornya, Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga :  Kalimantan Selatan Siap Jadi Ibu Kota Negara

Retno mengatakan, dalam pertemuan itu Joseph menyampaikan delapan poin pokok sebagaimana disampaikan rilis resmi Kedubes AS. Kepada wartawan, Retno menyebutkan satu per satu poin yang disampaikan Joseph tersebut.

Pertama yang dijelaskan Joseph adalah tentang fakta terjadinya delay. Yang kedua faktor penyebabnya kesalahan administratif. Yang ketiga, kesalahan tersebut cepat diluruskan.Yang keempat, saat ini tidak terjadi larangan terbang terhadap Panglima TNI.

Advertisement

Yang kelima, mereka menyambut baik Jenderal Gatot kalau akan bepergian ke Amerika Serikat. Keenam, pemerintah AS menyesalkan kejadian itu dan menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan ini.

“Dubes menyampaikan beberapa kali permintaan maaf, this is my mistake, this is our mistake, this is my apology, this is apology. Dubes Amerika Serikat yang baru tiba dari Banda tersebut juga berkomitmen agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” ucap Retno meniru pernyataan Donovan.

Yang ketujuh, pihak AS berjanji bahwa hal yang semacam ini tidak akan terjadi lagi.“Dan yang kedelapan adalah komitmen Amerika Serikat terhadap strategic partnership yang dilakukan dengan Indonesia,” ujar Retno.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com