News

Duh, Pemprov DKI tak tahu Soal Proyek Taman Ria Senayan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketika ditanya soal proyek Taman Ria Senayan, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, mengaku belum mengetahui alih fungsi jalur hijau menjadi kawasan komersial pada proyek tersebut.

Dia berjanji akan mengecek dan meminta laporan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk menelusuri pemberian izin perubahan fungsi lahan itu.

“Masalah Taman Ria itu nanti saya cek dulu. Saya belum dapat laporannya. Saya juga belum tahu kalau itu ada perubahan fungsi lahan,” ujar Saefullah, Jum’at (28/7/2017).

Suhaimi mendesak pemprov berkomitmen mencegah alih fungsi RTH menjadi areal komersial. Sebaliknya, dia meminta agar DKI justru menambah wilayah jalur hijau sesuai amanat UU.

Baca juga :  Unjuk Rasa, Kader PMII Remas Dada Satpol PP Wanita

“Kalau orang tidak memenuhi aturan, belum ada izin tapi dia sudah bangun, apa sanksinya. Kalau ada tindakan pidana, ya harus diusut,” tegas dia.

Sementara itu, pemerhati lingkungan, Rissalwan Lubis, menambahkan Pemprov DKI tidak konsisten dengan pengembangan kawasan yang sesuai masterplan peruntukan wilayah.

Dia mengungkapkan perubahan fungsi lahan RTH menjadi kawasan komersial selalu tidak tercatat dan direncanakan. Padahal, alih fungsi itu merupakan tindakan ilegal, tapi baru bisa diketahui ketika ada updating rencana kawasan terbaru saja.

Sebelumnya Direktur Eksekutif WALHI Jakarta, Puput TD Putra, mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus berani melakukan audit lingkungan agar alih fungsi ruang terbuka hijau bisa terpetakan dan dikembalikan ke fungsi awalnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com