Nasional

Ekonom UI Sebut Cawapres Sandiaga Paparan Programnya Lebih Membumi

Ekonom UI, Rizal E Halim

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Debat ke 5, Sabtu 13 April 2019 pasangan Capres-Cawapres mengakhir sesi debat menuju hari pemilihan 17 April 2019. Tgl 14-16 April 2019 adalah masa tenang.

Dalam debat terakhir, dari kedua pasangan Capres-cawapres, Sandiaga Uno memiliki paparan program yang lebih membumi dan realistis. Ide perluasan dan penciptaan lapangan kerja dikemas dengan program program yang sederhana namun lebih mudah dicerna oleh masyarakat luas.

Demikian disampaikan ekonom Universitas Indonesia (UI), Rizal E Halim di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Ia menuturkan, dari sisi penguasaan materi ekonomi pun, Sandiaga relatif lebih unggul dari kontestan lainnya baik dari aspek simplicity (kesederhanaan program), richness (kekayaan ide), fragmatic (lebih membumi).

“Ini menjadi keunggulan dari pasangan penantang Prabowo-Sandi kepada incumbent Jokowi-Amin,” ungkapnya.

Dari aspek gestur, Sandiaga Uno sangat tenang, self confidence tinggi, sistematis dan lebih simpatik.  Sementara pasangan Jokowi-Amin relatif terjebak dengan existing program Pemerintah yang saat ini banyak dikritisi oleh masyarakat.

“Perluasan program program yang sudah berjalan memang penting dengan catatan ada evaluasi kritis terhadap situasi masyarakat dan kepercayaan pasar saat ini.,” ujar Rizal.

Tentu pertarungan Pilpres 2019 sangat berbeda dengan Pilprea 2014. Rematch kali ini ditandai dengan ide-ide baru dan cemerlang dari salah satu Cawapres (Sandiaga Uno).

“Bisa jadi Pilpres 2019 adalah pertarungan Jokowi vs Sandiaga. Selamat menggunakan hak pilih kita masing masing,” pungkas Rizal.

Facebook Comments
Baca,   Konser 'Tribute to Ahmad Dhani' Tak Dapat Izin, Begini Tanggapan Sandiaga Uno

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!