Ekonomi

38 Usaha Besar Jalin Kemitraan dengan KUMKM di Tasikmalaya

Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram pada acara Forum Koordinasi dan Konsultasi Kemitraan dan Pendampingan KUMKM di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (31/3/2017)

TASIKMALAYA, EDUNEWS.ID – Sebanyak 38 usaha besar (30 ritel moderen dan delapan hotel berbintang) yang ada di wilayah Tasikmalaya melakukan temu mitra dengan kalangan koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM).

Usaha ritel moderen itu diantaranya Lotte Grosir, Asia Plaza, Yogya Departement Store, Alfaria, Indomarko, dan sebagainya. Sementara kedelapan hotel berbintang adalah Hotel Santika, Horison, Harmoni, Srikandi, Crown, Asri, Flamboyan, dan Hotel City.

“Pengembangan kemitraan itu merupakan penguatan usaha dalam rangka meningkatkan produktifitas dan daya saing KUMKM menghadapi persaingan yang semakin ketat, baik di pasar domestik maupun global”, kata Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram pada acara Forum Koordinasi dan Konsultasi Kemitraan dan Pendampingan KUMKM di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (31/3/2017).

Baca juga :  'Mestinya Tunjangan PNS Buat Nyicil Utang'
Advertisement

Oleh karena itu, lanjut Agus, pemerintah telah mengembangkan berbagai pola kemitraan usaha baik antar KUKM, antara usaha kecil dan menengah dengan usaha besar, yang saling menguntungkan, membutuhkan, dan memperkuat, sebagaimana tertuang dalam PP Nomor 17/2013.

“Bentuk kemitraan itu diantaranya pola dagang umum, pola sub kontrak, pola inti plasma, dan pola keagenan”, imbuh Agus.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com