Ekonomi

Badan Ekonomi Kreatif Sebut Startup Sukses Idealnya Dipimpin Dua Pendiri

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebut ada sejumlah faktor kesuksesan perusahaan rintisan atau startup. Salah satu faktor penting ialah pendiri atau founder startup itu sendiri.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari mengatakan idealnya sebuah startup dipimpin oleh dua orang.

“Saya dapat data dari Global Enterpreneurship Monitoring bahwa pada umumnya mengapa sebuah startup tidak bisa dijalankan kurang dari tiga tahun karena didirikan oleh satu orang saja. Direkomendasikan startup itu dipimpin dua orang,” tutur Hari kepada awak media di kantor Bekraf, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Faktor kedua ialah market feed atau sesuai dengan pasar yang dibidik. Market feed menurut Hari sebuah startup haruslah mempunyai solusi untuk menjawab suatu masalah.

Baca juga :  Ombudsman : Pungli Paling Banyak di Sektor Pendidikan

Dia sempat mencontohkan aplikasi yang dibangun oleh perusahaan ride hailing tanah air, Gojek. Salah satu layanan yang ditawarkan Gojek adalah Gofood, di mana pengguna saat membeli makanan rela membayar lebih biaya untuk mengantarkan makanan itu.

“Kedua, yang harus dilakukan adalah market feed. Jadi dia buat solusi itu harus menjawab suatu problem kalo dia tidak menjawab satu problem, dia enggak akan beli produknya. Misal Gojek, kita harus terpaksa bayar, kita beli Gofood kita terpaksa beli, bayar lebih mahal juga tidak apa-apa,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bekraf juga membeberkan menurut laporan Global Startup Ecosystem Report 2019 (GSER) yang dikeluarkan oleh perusahaan rintisan dibidang riset asal Amerika, Genome.

Baca juga :  Pesawat Lion Air Tabrak Tiang , Sayap Pesawat Robek

Genome memposisikan kota Jakarta sebagai kota dengan ekosistem startup potensial pada Mei lalu atau The Next Top 30 Global Startup.

Sebab, Jakarta merupakan rumah bagi empat startup yang telah menyandang status unicorn (perusahaan rintisan yang nilai valuasi lebih dari US$1 miliar), yaitu Tokopedia, Gojek, Traveloka, dan Bukalapak.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!