Ekonomi

Berikut Daftar Resmi Mobil-mobil yang Bebas PPnBM, Termasuk Avanza

Mobil Avanza/Ilustrasi

EDUNEWS.ID – Pemerintah akan menghapus sementara pajak barang mewah atau PPnBM, untuk beberapa model mobil. Aturan ini berlaku mulai awal Maret tahun ini.

Tujuan adanya relaksasi itu, yakni untuk meningkatkan minat kaum menengah ke atas melakukan pembelian kendaraan bermotor.

Dari Keputusan Menteri Perindustrian nomor 169 tahun 2021, dikutip VIVA Otomotif Minggu 28 Februari 2021, diketahui bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi produsen agar produk mereka tidak dikenakan PPnBM.

Pertama yakni jenisnya harus sedan atau station wagon, dengan kapasitas mesin maksimal 1.500cc dan dibuat secara lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN minimal 70 persen.

Jenis kendaraan lain yang juga masuk dalam daftar, yakni selain sedan atau station wagon tapi harus memiliki penggerak dua roda, kapasitas mesin paling tinggi 1.500cc dan TKDN paling sedikit 70 persen.

Aturan yang ditetapkan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pada 26 Februari kemarin itu, memperbolehkan pabrikan untuk menghadirkan tipe yang belum pernah dijual sebelumnya dan tidak perlu membayar PPnBM, asalkan memenuhi persyaratan.

Dalam lampiran yang disertakan pada Kepmenperin tersebut, ada hal yang mengejutkan, yakni mobil terbaru Toyota dan Daihatsu yang baru diisukan bakal meluncur, masuk dalam daftar tersebut.

Kendaraan yang dimaksud yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, yakni kendaraan compact sport utility vehicle yang dipamerkan perdana di Tokyo Motor Show 2019. Berikut daftar lengkap mobil-mobil yang mendapat keringanan PPnBM:

Toyota Yaris

Toyota Vios

Toyota Sienta

Toyota Avanza

Toyota Rush

Toyota Raize

Daihatsu Xenia

Daihatsu Gran Max Minibus

Daihatsu Luxio

Daihatsu Terios

Daihatsu Rocky

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander Cross

Nissan Livina

Honda Brio RS

Honda Mobilio

Honda BR-V

Honda HR-V

Suzuki Ertiga

Suzuki XL7

Wuling Confero

vva

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com