Ekonomi

Berikut Tip Investasi yang Tepat Saat Harga Emas Tembus Rp1 Juta

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pekan lalu menjadi pekan yang menggembirakan bagi investor yang memiliki portofolio emas. Bagaimana tidak? Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam tembus Rp1,02 juta per gram pada Selasa (28/7/2020) lalu dan menjadi harga emas tertinggi sepanjang masa.

Kenaikan emas Antam ini sejalan dengan terbangnya harga emas global. Pada perdagangan spot, harga emas tercatat sebesar US$1.973,71 per troy ons.

Kenaikan harga logam mulia itu, membuatnya semakin dilirik sebagai instrumen investasi. Namun, sebelum memutuskan untuk menempatkan dana Anda pada emas, sebaiknya simak sejumlah tip dari perencana keuangan berikut.

1. Jangka waktu panjang

Perencana Keuangan dari Finansial Consulting Eko Endarto mengatakan tidak ada salahnya untuk mulai investasi emas saat ini. Namun, jika ingin berinvestasi emas saat ini sebaiknya untuk tujuan jangka menengah hingga panjang.

“Kalau tujuannya untuk mendapatkan keuntungan cepat, ini bukan waktunya karena harganya sudah cukup tinggi,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Sebagai gambaran, jangka waktu pendek adalah investasi di bawah satu tahun atau di bawahnya. Lalu, lebih dari satu tahun berarti jangka menengah, sedangkan di atas lima tahun adalah investasi jangka panjang.

2. Membeli bertahap

Eko menyarankan untuk membeli emas secara bertahap. Sejalan dengan itu, investor tetap harus memperhatikan pergerakan harga logam mulia. Ketika harganya turun, investor bisa kembali menambah kepemilikan emasnya.

“Sisanya, simpan dulu uangnya tunai, ketika mulai turun masukan kembali sedikit lagi secara periodik,” imbuhnya.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho menambahkan investor sebaiknya tidak mencicil pembelian emas melalui toko online. Jika investor memiliki modal investasi dalam jumlah besar, sebaiknya langsung membeli emas dalam ukuran gram secara tunai.

“Jumlahnya sedikit atau banyak itu bergantung dari uang menganggur yang dimiliki,” katanya.

3. Prediksi harga emas

Emas merupakan aset safe haven atau aman karena mempunyai tingkat risiko rendah. Sebagai aset safe haven, Eko menuturkan harga emas cenderung naik ketika terjadi ketidakpastian global.

Dalam konteks saat ini, terjadi ketidakpastian global akibat pandemi Covid-19. Tak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa memprediksi kapan virus ini akan berakhir, sehingga menimbulkan ketidakpastian.

“Kita tidak tahu emas akan naik lagi atau tidak, tapi dengan kondisi seperti ini ada kemungkinan emas akan naik lagi,” jelasnya.

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Selain itu, harga emas juga berpotensi naik apabila terjadi guncangan ekonomi. Pasalnya, investor memburu aset aman untuk melindungi investasinya.

Jika melihat gambaran ekonomi global maupun domestik saat ini, sudah bukan rahasia lagi jika pandemi menekan pertumbuhan ekonomi hampir semua negara.

Bahkan, beberapa negara sudah masuk jurang resesi. Indonesia sendiri, diprediksi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2020 di rentang minus 3,54 persen hingga 5,08 persen dengan titik tengah 4,3 persen.

“Kalau kuartal II besok krisis, emas akan naik lagi,” katanya.

Andy menambahkan layaknya instrumen investasi lainnya, harga emas berpotensi naik juga turun. Namun, penurunan emas tidak tajam dibandingkan dengan aset berisiko.

“Apakah kemudian harganya akan naik, iya. Apakah kemungkinan harga turun, iya. Hanya saja sebagai lindung nilai mata uang, logam mulia mulai menarik,” ucapnya.

4. Diversifikasi instrumen

Dalam investasi, kita kerap mendengar kalimat jangan menaruh semua telur ke satu keranjang. Meski terdengar klise, namun Andy sangat menyarankan investor untuk melakukan diversifikasi investasi.

Tujuannya, jika terjadi penurunan pada satu instrumen maka investor masih memiliki aset lainnya.

“Coba diversifikasi, misalnya 50 persen logam mulia, 50 persen pada aset lainnya,” ujarnya.

5. Pilihan instrumen lain

Emas bukanlah satu-satunya instrumen investasi. Pilihan instrumen investasi ini, kata Andy disesuaikan dengan profil risiko investor.

Untuk mereka yang cenderung memilih risiko rendah atau konservatif instrumen yang disarankan menempatkan modalnya pada Surat Berharga Negara (SBN). Pasalnya, SBN memiliki underlying investasi (aset dasar) dijamin negara.

Toh, saat ini pemerintah menawarkan SBN ritel mulai Rp1 juta sehingga terjangkau.

Untuk pilihan lebih moderat atau risiko sedang, maka pilihan investasinya adalah reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap.

Kedua jenis reksa dana itu modalnya ditempatkan pada pada instrumen pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, dan obligasi yang jatuh tempo di bawah satu tahun.

Sedangkan untuk investor dengan kecenderungan risiko tinggi, ia menyarankan penempatan dana di reksa dana saham maupun investasi langsung kepada saham.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com