Ekonomi

Bos IMF : Perang Dagang Tidak Akan Menghasilkan Pemenang

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memperingatkan Amerika Serikat atas konsekuensi buruk yang dapat terjadi dengan dari langkah Presiden Donald Trump yang memasang hambatan untuk berdagang dengan menerapkan proteksionisme.

Lagarde menyebut tidak akan ada pemenang dari langkah tersebut. “Peranghg dagang tidak meninggalkan pemenang,” kata Lagarde dalam sebuah wawancara dengan harian Argentina La Nacion yang diterbitkan pada hari Minggu ketika ditanya tentang keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menampar tarif impor baja dan aluminium.

Trump sendiri diketahui pada 8 Maret lalu secara resmi mengumumkan tarif curam pada impor baja dan aluminium, namun membebaskan Kanada dan Meksiko. Trump menandatangani dokumen yang memberlakukan tarif 25 persen untuk baja dan 10 persen pada aluminium.

Kepala IMF menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa lonjakan dalam perdagangan internasional selama dekade terakhir telah bermanfaat bagi negara-negara miskin dan orang-orang miskin yang tinggal di negara-negara kaya namun berbahaya bagi beberapa daerah dan industri.

“Efek yang dihasilkan oleh inovasi dan perdagangan harus diperhitungkan untuk memperbaiki kerugian itu, namun mencoba untuk mengurangi perdagangan atau membangun penghalang tambahan tidak akan menghasilkan pemenang,” tambah Lagarde seperti dimuat Press TV.

Dia mengatakan dengan pertumbuhan 3,9 persen yang diproyeksikan tahun ini dan tingkat kepercayaan investor yang lebih tinggi, ekonomi global saat ini dalam keadaan baik. “Itu tidak berarti tidak ada awan di cakrawala yang harus kita perhatikan,” sambungnya.

Baca Juga :   Tukar Uang Baru di BI untuk Lebaran 2024, Perhatikan Jadwal hingga Tata Cara

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com