Ekonomi

BRI : Kartu IUMK Dorong Perkembangan UKM di Daerah

PONTIANAK, EDUNEWS.ID – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi satu-satunya bank yang telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha dan Asipindo untuk pembinaan pemberian Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Berkaitan dengan hal tersebut, maka BRI mengeluarkan kartu IUMK.

Kabag Pengembangan Bisnis Mikro I BRI Kantor Pusat Jakarta, Meldi Herman Ali menjelaskan, melalui kartu IUMK, BRI ingin ikut mendorong perkembangan UMK di daerah.

“Sebagian besar bisnis kami di usaha mikro, kecil, dan menengah. Kami dorong legalitas dan kemudahan yang diperoleh pelaku UMK,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini, UMK secara  prosedur terlalu banyak izin, seperti SITU, SIUP dan TDP. Dengan adanya naskah dan  Kartu IUMK dari BRI sudah mencakup semua itu.

Baca juga :  Gambir Masuk Komoditas Resi Gudang, Menjadi Alternatif Pembiayaan Bagi Koperasi dan UKM

Menurut ia, BRI bersama pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku UMK, nantinya secara bisnis kembali ke BRI.

“Pelaku UMK yang sudah dapat naskah IUMK dari camat, bisa langsung ke BRI untuk membuat Kartu IUMK. Jika tidak bisa ke kantor BRI, kami yang jemput bola. Kartu ini masuk jenis tabungan Simpedes, semua fitur yang ada bisa dinikmati, termasuk undiannya,” jelas Meldi.

Kepala BRI kantor cabang Pontianak, Anugro J Lestariyo menambahkan, kehadiran Kartu IUMK bagian komitmen BRI menunjang perkembangan UMKM, terutama di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak.

“Melalui kartu ini, pengurusan pinjaman bisa lebih mudah,” pungkasnya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com