Ekonomi

Bupati Boalemo Minta Kemenkop Bantu Pemberdayaan Koperasi Nelayan

Menkop AAGN Puspayoga dihadapan ratusan warga dan tokoh masyarakat Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, kemarin (23/10/2016).

GORONTALO, EDUNEWS.ID – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) menggandeng kementrian atau lembaga lain untuk melaksanakan program-program strategis diantaranya ‎gratis pengurusan Akta Koperasi, Nomor Induk Koperasi atau NIK, Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), hingga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Dengan pola kerjasama dan koordinasi dengan pihak lain seperti itulah, dengan anggaran minim, Kemenkop dan UKM tetap bisa menjalankan banyak program strategis”, tegas Puspayoga dihadapan ratusan warga dan tokoh masyarakat Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, kemarin (23/10/2016).

‎Sementara itu, Bupati Boalemo Rum Pagau berharap Kementrian Koperasi dan UKM membantu pemberdayaan koperasi di wilayahnya, terutama koperasi nelayan.

“Koperasi nelayan kita sudah berjalan dengan baik. Dengan memiliki sekitar 200 perahu, kehidupan nelayan anggota koperasi menjadi lebih baik. Tapi, akan menjadi lebih baik lagi bila kita mendapat bantuan tambahan kapal dari Kemenkop UKM, agar bisa menjadi 500 perahu”, kata Bupati Boalemo.

Baca juga :  WHO Akui Perjalanan Harus Dilanjutkan Demi Ekonomi walau Tengah Pandemi Covid

Untuk mengembangkan sektor perikanan laut, Bupati Boalemo pun mengangkat Rohmin Dahuri sebagai penasehat ahli.

“Beliau pernah ajak saya ke Singapura untuk bertemu dengan pengusaha perikanan di sana. Tujuannya, agar mereka bisa memanfaatkan potensi ikan laut yang dimiliki Boalemo”, imbuh Rum Pagau.

Selain perahu untuk nelayan, Bupati Boalemo pun berharap pemerintah membantu masyarakatnya yang berprofesi sebagai peternak sapi. Bank Rakyat Indonesia (BRI) membantu dari sisi kredit pengadaan sapi senilai Rp20 miliar dengan bunga 4%.

Advertisement

“Dengan mengembangkan peternak sapi, itu sangat menguntungkan. Karena, dari satu ekor bisa menjadi dua ekor, dari dua bisa menjadi empat, dari delapan ekor bisa menjadi 16 ekor, dan seterusnya. Tahun depan, kami ada program 500 sapi untuk masyarakat Boalemo. Kita ingin Boalemo bisa menjadi lumbung ternak sapi”, kata Bupati.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Menkop Puspayoga pun berkesempatan menyambangi masyarakat Bali yang ada di Desa Tri Rukun, Kecamatan Wonosari‎, Kabupaten Boalemo.

“Kalian sudah hidup selama puluhan tahun di Boalemo, ber-KTP Boalemo, artinya sudah menjadi warga Boalemo, namun dengan tidak menghilangkan adat istiadat masyarakat Bali. Saya berpesan, dimana bumi dipijak disitulah Langit dijunjung. Jadilah warga yang baik dan tetap menjaga kerukunan antar sesama warga di Boalemo”, kata Puspayoga.

Dalam kesempatan itu pula, Menkop memotivasi warga asal Bali di seluruh Gorontalo yang populasinya mencapai 10 ribu orang, untuk terus meningkatkan jiwa wirausaha.

“Untuk lebih berkembang, saya sarankan para pelaku UKM dan kelompok usaha disini untuk mendirikan koperasi. Kirim ke kami program-program mana yang bisa disinergikan dengan program Kemenkop dan UKM”, pungkas Puspayoga.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com