Ekonomi

Jokowi Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

 

EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni – Terbanggi Tinggi. Tol ini memiliki panjang 140,9 kilometer yang disebut sebagai tol terpanjang di Indonesia setelah Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 kilometer.

Peresmian Jalan Tol Trans Sumatera wilayah Lampung yang diresmikan Kepala Negara berlangsung di Gerbang Tol Natar sektor I. Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana.

“Dengan mengucap Bismillah, saya resmikan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Tinggi,” ujar Jokowi di lokasi, Jumat (8/3/2019).

Jalan tol ruas Bakauheni – Terbang Tinggi ini akan dilengkapi dengan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol atau Rest Area seperti SPBU, toilet, musala, restoran atau tempat makan, fasilitas isi ulang (uang elektronik, serta fasilitas penunjang lainnya.

Baca juga :  Sosialisasi Tax Amnesty di Makassar, Jokowi Sindir Pengusaha yang Hadir

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun. Dalam pelaksanaannya, proyek tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini juga menyerap banyak tenaga kerja yakni sebanyak kurang lebih 3.200 orang tenaga konstruksi dan 231 orang tenaga operasi.

Pembangunan tahap pertama terdiri atas 8 ruas yang terbagi menjadi empat ruas awal yakni, Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

Empat ruas lainnya Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang-Tanjung Api-Api dan Kisaran-Tebing Tinggi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, proses pengerjaan ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini terbilang cepat, yakni hanya memakan waktu kurang lebih 4 tahun.

“Kalau dilihat-lihat, ini adalah tol panjang tercepat yang selesai dikerjakan, hanya 4 tahun. Dalam 4 tahun itu kita rampungkan semua, seperti penentuan lokasi dan pembebasan lahan, semua berhasil selesai,” ucap dia.

Baca juga :  Dolar Bertahan, Harga Emas Berjangka Turun lagi

mrd

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!