Ekonomi

Jokowi Tandatangani Perpres Harga Acuan Batu Bara dalam Negeri

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken Peraturan Presiden (Perpres) soal harga batu bara dalam negeri atau domestic market obligasi (DMO), khusus untuk kebutuhan listrik.

Penandatangan Perpres tersebut dilakukan beberapa hari lalu. “Sudah ada,” ungkapnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/3/2018).

Mengenai ketetapan harga batu bara dalam negeri, mantan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) ini mengaku lupa. “Ah lupa aku. Tanya menteri ESDM saja, itu ada Pak Jonan. Yang jelas dari kami sudah terbit,” ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan harga batu bara khusus senilai USD 70 per ton. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018 tentang Harga Batu Bara untuk Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum.

Baca juga :  RAPBN 2018 Dinilai Tak Realisis Angkat Kesejahteraan Rakyat
Advertisement

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan aturan itu dikeluarkan lantaran mempertimbangkan daya beli masyarakat dan daya saing industri dalam negeri. Harga batu bara nantinya, akan berlaku pada awal Januari 2018 hingga Desember 2019.

“Penetapan harga khusus itu akan berlaku sejak 1 Januari 2018 hingga Desember 2019 dan berlaku surut. Artinya, kontrak-kontrak penjualan yang sudah berjalan sejak 1 Januari 2018 harus disesuaikan kembali,” kata Agung, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com